150.000 pekerja siap padati GBK  pada 1 Mei

Massa dari gabungan organisasi buruh dan pekerja melakukan aksi memperingati Hari Buruh Internasional (May Day), di Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Minggu (1/5/2011). (ANTARA/Yudhi Mahatma)

.....Para pekerja itu tergabung dalam Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia, Konfederasi Serikat Buruh Sejahtera Indonesia dan Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia......
Berita Terkait

Batam (ANTARA Jambi) - Sekitar 150.000 pekerja dari tiga konfederasi pekerja akan memadati Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta pada May Day, pada 1 Mei mendatang.

"Kami perkirakan ada 150.000 pekerja memadati GBK," kata Sekretaris Jenderal Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia Muhamad Rusdi.

Para pekerja itu tergabung dalam Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia, Konfederasi Serikat Buruh Sejahtera Indonesia dan Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia.

Para pekerja, kata dia, akan melakukan jalan panjang dari Istana Presiden, Bundaran Hotel Indonesia sampai ke Gelora Bung Karno di Senayan.

Sepanjang jalan, buruh tetap melakukan orasi dengan tiga tuntutan utama yaitu jaminan kesehatan seumur hidup, dana pensiun dan upah layak.

Sesampainya di GBK, kata dia, konfederasi dari tiga serikat pekerja akan mendeklarasikan Dewan Buruh sebagai organisasi yang menyatukan seluruh pekerja.

Penyatuan tiga konfederasi pekerja besar itu, kata dia, untuk menyatukan langkah dalam perjuangan kesejahteraan buruh. Dengan bersatu, kata dia, maka posisi tawar buruh menjadi lebih kuat.

"Selama ini buruh masih hidup di bawah garis kemiskinan itu karena posisi tawar yang rendah, karena banyak serikat," kata dia.

Para koordinator konfederasi, kata dia, akan berkumpul di Jakarta pada 26 April merumuskan format dan manifesto Dewan Buruh.
(ANT)

Editor: Nurul Fahmi
COPYRIGHT © 2014

Komentar Pembaca
Kirim Komentar