Dana BOS SMA diberlakukan 2013

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhammad Nuh (Foto ANTARA)

.....Pemerintah pada 2013 akan fokus dalam program pendidikan wajib belajar 12 tahun, sehingga pada 2013 siswa SMA tidak lagi dipungut biaya SPP.....
Berita Terkait

Surabaya (ANTARA Jambi) - Bila Bantuan Operasional Sekolah selama ini hanya diberikan untuk SD dan SMP, mulai 2013 juga akan diberikan untuk SMA/SMK, kata Menteri Pendidikan Nasional Mohammad Nuh.

"Untuk mempercepat proses pendidikan, Bantuan Operasional Sekolah (BOS) SMA akan diberlakukan mulai 2013," kata Menteri usai menghadiri Seminar Deseminasi Kebijakan Pendidikan di Surabaya, Sabtu.

Pemerintah pada 2013 akan fokus dalam program pendidikan wajib belajar 12 tahun, sehingga pada 2013 siswa SMA tidak lagi dipungut biaya SPP, sebagai pengganti sumber pendanaannya, pemerintah telah menyiapkan BOS SMA.

Jika angka partisipasi kasar (APK) anak-anak lulusan SMP saat ini hanya 60 persen, dan sisanya tidak melanjutkan ke SMA maka untuk menaikkannya berarti harus ada penambahan ruang kelas atau sekolah.

Pada 2013 yang harus dilakukan pemerintah adalah penambahan kapasitas SMA dan SMK, kebijakan  ini tidak hanya menambah kapasitas saja, tapi juga memperbaiki atau proporsi SMA dan SMK.

Untuk itu, pemerintah akan membangun sekolah-sekolah khususnya di daerah pelosok, karena itu BOS SMA dimulai 2013.

Selain BOS dan didirikannya sekolah, pemerintah menyiapkan guru-guru yang akan disebar ke daerah-daerah pelosok.

Menteri mengatakan, kesempatan ini adalah momentum yang harus tetap dijaga secara bersama-sama oleh semua pihak.

(T.A052)

Editor: Edy Supriyadi
COPYRIGHT © 2014

Komentar Pembaca
Kirim Komentar