Jambi (ANTARA Jambi) - Perum Bulog Jambi menyatakan akan menggelar pasar beras murah sebulan penuh selama Ramadhan 2013.


"Langkah ini sebagai antisipasi terjadinya lonjakan harga beras saat puasa dan menjelang Idul Fitri nanti," ujar Kabid Pelayanan Publik, Bulog Jambi, David Susanto.


Menurut dia, beras yang akan dijual nanti dari beragam jenis mulai beras biasa hingga kelas premium.


"Harganya tentu di bawah harga pasaran. Selain beras juga ada kebutuhan pokok lainnya yang akan dijual seperti minyak dan tepung," katanya.


Untuk lokasi pasar beras murah itu akan ditempatkan di dekat rumah dinas Kepala Bulog Jambi yakni tidak jauh dari markas Korem Garuda Putih, Kota Jambi.


Pasar murah Bulog itu juga akan digelar di beberapa daerah kabupaten lain di Provinsi Jambi seperti Bungo, Kerinci dan Kabupaten Merangin.


Ia menyatakan, seluruh persiapan sudah 100 persen dengan menggelar 30 stan dan akan dimulai hari pertama bulan puasa nanti.


Tidak hanya menggelar pasar beras murah. Untuk menekan tingginya harga beras saat puasa, Bulog Jambi juga akan melaksanakan operasi pasar (OP) beras.


"Persiapan harga OP antara Rp7.000-7.400 per kilogram beras. Kualitas beras juga sangat bagus mendekati beras premium yang harga di pasaran mencapai Rp7.700-Rp8.000 per kilogram. OP ini juga untuk mengantisipasi adanya oknum pedagang yang bermain," jelasnya.


Kemudian terkait stok kebutuhan beras saat Ramadhan dan Lebaran, Bulog Jambi menyatakan kesiapan stok cukup yakni mencapai 7.756 ton.


Stok itu akan ditambah pasokan tambahan mencapai seribu ton beras yang didatangkan dari Provinsi Lampung dan 2.000 ton dari Sumatra Barat.


"Dengan stok ini, kami rasa untuk kebutuhan beras saat puasa dan lebaran aman," tambahnya.(Ant)

Editor: Edy Supriyadi
COPYRIGHT © 2014

Komentar Pembaca
Kirim Komentar