Rabu, 20 September 2017

Duta Bahasa Provinsi Jambi ke pentas nasional

id berita jambi terkini, duta bahasa, pentas nasional,
Jambi, Antarajambi.com - Duet Duta Bahasa Provinsi Jambi 2017, Aspihani Ahyat dan Ghea Cahya Yulitha, mahasiswa Universitas Jambi (Unja) akan mewakili provinsi itu ke pentas pemilihan Duta Bahasa tingkat nasional yang akan digelar 14 Agustus 2017 di Jakarta.

"Pemenang pemilihan Duta Bahasa Provinsi Jambi 2017 dipastikan mewakili Provinsi Jambi ke pemilihan Duta Bahasa tingkat nasional yang akan digelar di Jakarta," kata Kepala Kantor Bahasa Jambi Saiful Bahri Lubis di Jambi, Selasa.

Pemilihan Duta Bahasa Jambi digelar pada Sabtu (7/5) di salah satu hotel di Kota Jambi, sedangkan runner up pemenang pemilihan itu yakni Muhammad Fadli (UIN Sunan Thaha Saifuddin) bagian putra dan Maslahatun Amma Sasqia (Universitas Jambi) akan dikirim ke ajang pemilihan Duta Bahasa Regional Sumatera yang akan digelar di Palembang.

Kepala Kantor Bahasa Provinsi Jambi itu mengatakan, pemilihan Duta Bahasa Provinsi Jambi merupakan salah satu program unggulan Kantor Bahasa Jambi yang digelar setiap tahun.

Para pemenang dan juga peserta pemilihan duta bahasa itu akan menjadi mitra Kantor Bahasa Jambi dalam pemartabatan Bahasa Indonesia kepada masyarakat, terutama untuk kalangan generasi muda di Provinsi Jambi.

"Mereka adalah generasi yang potensial dan menjadi mitra kami dalam pemartabatan Bahasa Indonesia. Tak hanya mampu berbahasa Indonesia tapi mereka juga menguasai penggunaan bahasa asing dan daerahnya," kata Saiful Bahri.

Sementara itu, Ketua Panitia Pemilihan Duta Bahasa Provinsi Jambi, Gustia Mira menyatakan, para peserta merupakan generasi muda berbakat yang memiliki banyak kemampuan, terutama dalam bidang kebahasaan dan seni budaya.

"Para duta bahasa itu harus mampu menjadi inspirasi bagi semua orang, terutama dalam pemartabatan Bahasa Indonesia sesuai dengan slogan duta bahasa `utamakan Bahasa Indonesia, lestarikan bahasa daerah dan kuasai bahasa asing`," kata Gustia Mira.

Sementara itu proses pemilihan duta bahasa dilakukan melalui dua sesi pemilihan yang berlangsung cukup ketat dengan animo peserta yang cukup tinggi untuk mengikuti kegiatan itu.

Berikut hasil pemilihan Duta Bahasa Provinsi Jambi 2017 Duta Bahasa Putra Aspihani Ahyat (Universitas Jambi), Duta Bahasa Putri Ghea Cahya Yulitha (Universitas Jambi).

Wakil I Putra Muhammad Fadli (UIN STS Jambi), Wakil I Putri Maslahatun Amma Sasqia (Universitas Jambi),Wakil II Putra Agus Musliandi (BOSS FM), Wakil II Putri Indah Prita Mayasari (STIKes HI Jambi), Wakil III Putra Muhamad Demi Prakasa (Kota Sungaipenuh), Wakil III Putri Rizki Dwi Lestari ( Universitas Andalas), Wakil IV Putra Rivaldo Christian (SMA Xaverius 1 Jambi), Akil IV Putri Marisa Aqila (UIN STS Jambi).


Editor: Syarif

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga