Minggu, 23 Juli 2017

329 peserta SNMPTN Unja tak daftar ulang

id Unja, SNMPTN, rektor, Johni Najwan, universitas jambi
Jambi, Antarajambi.com -  Sebanyak 329 orang dari 1711 peserta yang telah dinyatakan lulus Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2017 ke Universitas Jambi tidak melakukan daftar ulang.

"Daftar ulang untuk peserta yang lolos SNMPTN 2017 ditetapkan Selasa (16/5) kemarin, namun dari 1711 orang sebanyak 329 peserta tidak melakukan daftar ulang sehingga dianggap gugur," kata Kepala Humas Universitas Jambi Akbar Kurnia Putra di Jambi, Rabu.
 
Pelaksanaan daftar ulang SNMPTN ke Kampus Unja dilakukan berbarengan dengan pelaksanaan SBMPTN 2017 sehingga pada Rabu kemarin kampus Unja Mendalo dipenuhi oleh peserta seleksi dan juga yang daftar ulang.

Terkait peserta SNMPTN yang tidak daftar ulang, menurut Akbar alasannya bermacam-macam, salah satunya tidak lulus tes kesehatan seperti untuk persyaratan fakultas kedokteran dan fakultas ilmu kesehatan. Alasan lainnya mungkin sengaja dilepas atau memutuskan tidak mengambil kesempatan itu.

"Sebagian besar peserta SNMPTN itu dari fakultas pertanian dan fakultas peternakan, alasannya bervariasi, salah satunya tak lolos tes kesehatan,"  kata Akbar.

Adanya 329 peserta yang tidak daftar ulang itu, kata dia posisinya tidak bisa digantikan sehingga penerimaan dari jalur SNMPTN menjadi 1382 mahasiswa. Namun jumlah itu akan dilengkapi melalui jalur seleksi mandiri Unja.

"Kuota penerimaan jalur SNMPTN 35 persen, SBMPTN 35 persen dan seleksi mandiri 30 persen," katanya.

Sementara itu pelaksanaan SBMPTN 2017 yang digelar di Kampus Unja, Selasa (16/5) berlangsung lancar. Rektor Unja Prof H Johni Najwan menyatakan ke depan Unja akan meningkatkan fasilitas dan infrastruktur SBMPTN di Kampus Unja termasuk melibatkan penggunaan Kampus Unja Pondok Meja dan  menambah fasilitas komputer untuk seleksi computer based test (CBT).

"Pelaksanaan SBMPTN 2017 di Jambi berlangsung lancar, tidak ada kendala. Namun kami tetap akan melakukan evaluasi agar penyelenggaraan SBMPTN 2018 mendatang berlangsung lebih baik lagi," katanya.

Rektor yang juga Ketua Tim Penjaminan Mutu terhadap SBMPTN 2017 itu menyebutkan ke depan penyelenggaraan akan terus dievaluasi dan diperbaiki, termasuk kelengkapan fasilitas dan infrastruktur pendukungnya.

Panitia SBMPTN 2017 Jambi telah melakukan berbagai upaya dan terobosan, salah satunya mencegah terjadinya aksi perjokian dengan memberikan pengawasan khusus.

Editor: Syarif

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga