Minggu, 24 September 2017

Festival Geopark Merangin Jambi dibuka (Video)

id merangin, jambi,geopark
Festival Geopark Merangin Jambi dibuka (Video)
Pembukaan Festival Geopark Merangin 2017, 11-14 September 2017. (Dodi Saputra)
Jambi, Antarajambi.com - Wakil Gubernur Jambi Fachrori Umar resmi membuka Festival Pesona Geopark Nasional Merangin (FPGNM) 2017 yang dipusatkan di Taman Batu, Senin.

Festival Pesona Geopark Nasional Merangin yang diselenggarakan 11-14 September itu  juga sebagai upaya memperkenalkan objek wisata taman bumi itu lebih dekat kepada masyarakat dan wisatawan.

Wagub Jambi Fachrori Umar pada kesempatan itu meminta semua pihak terus mempromosikan Geopark Merangin agar menarik wisatawan domestik dan mancanegara.

"Geopark Merangin menjadi kebanggaan masyarakat Jambi. Saya sampaikan terima kasih kepada bupati yang telah menyelenggarakan pergelaran ini dengan baik," kata Wagub.

Wagub juga berharap "event" ini mampu menambah wawasan masyarakat tentang budaya dan wisata di Jambi dan meningkatkan perekonomian masyarakat serta mampu mendongkrak kunjungan wisatawan ke Jambi.

"Ini juga upaya pemerintah memperkenalkan geopark di tingkat dunia atau diakui sebagai warisan dunia melalui Unesco,"kata wagub.


Sementara itu, Bupati Merangin Al Haris mengatakan "event" yang diselanggarakan ini adalah bentuk keseriusan Pemkab Merangin menjaga warisan budaya dan pariwasata di Merangin.

Kegiatan pariwisata yang baru digelar tahun ini akan menjadi agenda tahunan Kabupaten Merangin setiap bulan September.

Festival Pesona Geopark Jambi akan diisi dengan berbagai kegiatan dan lomba. Di antaranya pameran, bazar, seni pertunjukan seperti Tari Sayak, Tari Pisang, Tari Sikadam, Tari Lukah Golo dan sejumlah tari khas Merangin lainnya.

Dalam "event" pariwisata ini juga akan digelar lomba arung jeram nasional, yang mengambil "start" di Desa Air Batu Kecamatan Renah Pembarap mengaliri sepanjang Sungai Batang Merangin. Di sepanjang sungai itu terdapat fosil Geopark Merangin yang menarik untuk dinikmati.

FPGNM Jambi diikuti para peserta dari berbagai penjuru Tanah Air, selain itu juga digelar perkemahan yang mengambil lokasi di kebun durian milik Pemkab Merangin di kawasan Geopark Merangin.

Dalam "event" pembukaan ini juga dihadiri Asisten Deputi Pengembangan Sekmen Pasar Bisnis Kementerian Pariwisata, Tasbir.

Editor: Syarif

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga