Jambi (ANTARA Jambi) - Pawang harimau di kebun binatang Taman Rimba Jambi akan diperiksa oleh Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) terkait lepasnya seekor harimau Sumatera (Panthera tigris Sumaterae) dari kandangnya, pagi tadi sekitar pukul 08.45 WIB. 

Pawang harimau yang bernama Eko itu diduga telah melakukan kelalaian sehingga menyebabkan hewan buas yang bernama Piter membuat panik sejumlah pengunjung kebun biantang dan sejumlah warga di sekitar areal itu, karena sempat berkeliaran dengan bebas selama dua jam.  

"Saya telah minta izin kepada Kepala UPTD Kebun Binatang Taman Rimba Jambi untuk memeriksa beberapa pegawainya termasuk sang pawang harimau yang bernama Eko guna mengetahui penyebab lepasnya harimau dari kandangnya," kata Tri Siswo, Kepala BKSDA Jambi, di Jambi, Senin.

Tri mengatakan, dugaan sementara penyebab lepasnya harimau dari kandang utamanya karena 'human error' atau kelalaian petugas dan pawangnya usai memberikan makan dan membersihkan kandang.

"Mudah-mudahan usai pemeriksaan besok kita bisa mengetahui pasti penyebab lepasnya harimau itu," sebutnya lagi.

Kepala UPTD Kebun Binatang Taman Rimba Jambi, Drh Adrianis mengatakan, pihaknya mempersilahkan BKSDA Jambi untuk memeriksa pegawainya termasuk sang pawang harimau bernama Eko untuk mendapatkan dan mengetahui apa penyebab lepasnya harimau itu.

"Bila ada kesalahan maka pihaknya siap berikan sanksi teguran atas kelalaian pegawainya dan pihak UPTD juga akan melakukan kembali evaluasi dalam melaksanakan kegiatan dalam keadaan darurat atau khusus terhadap hewan buas," kata Adrianis.

Kemudian pihak kebun binatang juga akan melakukan evaluasi terhadap kandang dan sistem keamanan dalam menanggani kasus lepasnya hewan buas termasuk harimau dan lainnya yang menjadi koleksi kebun binatang Taman Rimba Jambi. (T.N009)

Pewarta:

Editor : Edy Supriyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2012