Jambi (ANTARA Jambi) - Dinas Perhubungan Kota Jambi akan membenahi dan meningkatkan fasilitas terminal Alam Berajo agar bisa menampung dan melayani bus antar kota antar provinsi dan antar kota dalam provinsi.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Jambi, Agus Setiawan di Jambi, Jumat mengatakan, pihaknya pada 2012 akan membenahi dan meningkatkan fasilitas terminal Alam Berajo setelah mendapat alokasi dana dari pusat sebesar Rp5 miliar.

Pemerintah pusat lewat APBN telah mengalokasikan dana sebesar Rp5 miliar untuk membenahi dan meningkatkan fasilitas terminal tipe-A tersebut, katanya.

Secara bertahap fasilitas dan pendukung terminal Alam berajo akan terus ditingkatkan, agar semua PO antar kota antar provinsi (AKAP) dan antar kota dalam provinsi (AKDP) bisa beroperasi di dalam terminal.

Saat ini sebagian besar bus AKAP dan AKDP beroperasi atau manaikkan dan menurunkan penumpang di sisi-sisi ruas jalan utama di dalam Kota Jambi, sehingga memicu kemacetan dan kesemrawutan kota.

Penertiban bus PO yang beroperasi di luar terminal itu segera dilakukan, dan ditargetkan pertengahan April 2012 semuanya sudah beroperasi di dalam terminal.

Untuk mendukung penertiban supaya kendaraan dapat beroperasi di dalam terminal harus diimbangi dengan fasilitas dan sarana pendukung di dalam terminal.

Fasilitas atau sarana pendukung yang dibenahi dan ditingkatkan itu diantaranya ruang tunggu penumpang, loket, tempat peristirahatan supir, tempat ibadah, pos keamanan dan MCK. Sarana pendukung lainnya yang juga akan diadakan yakni Pos keamanan, ruang kesehatan, sarana telekomunikasi dan air bersih. (T.M037)

Pewarta:

Editor : Nurul


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2012