Sawahlunto, Sumbar (ANTARA Jambi) - Direktur Utama Perum LKBN ANTARA Ahmad Mukhlis Yusuf memberikan pencerahan tentang pemanfaatan teknologi informasi kepada sekitar 200-an guru mulai dari SD hingga SMK/SMA di Gedung Pusat Kebudayaan Kota Sawahlunto, Sumatera Barat, Jumat.

Pada kesempatan itu Ahmad Mukhlis Yusuf juga berdialog dengan para guru terkait pemanfaatan teknologi bagi dunia pendidikan dengan tema "Ubah Dunia Melalui Dahsyatnya Online".

Kepada para guru ia memperlihatkan sebuah video tentang seseorang yang tidak memiliki tangan dan kaki, namun dapat menghasilkan sebuah karya yang berguna bagi orang lain.

Dia mengatakan, setiap orang pasti menemui berbagai kesulitan dan tantangan, namun dari semua itu yang terpenting adalah bagaimana cara untuk bangkit.

"Karena dalam setiap kesulitan pasti ada jalan," katanya.

Dia menyebutkan, tujuan pemutaran video serta dialog tersebut adalah untuk meningkatkan rasa percaya diri seorang guru dalam menciptakan generasi muda yang berkualitas, serta dapat menggunakan internet sebagai media untuk meningkatkan pendidikan dan mengubah dunia.

Wali Kota Sawahlunto Amran Nur melalui Asisten Pembangunan Mukhsis menyebutkan, peningkatan kualitas dan pendidikan merupakan program utama selain sektor pariwisata.

Dia menyebutkan, meski pengelola pendidikan di Sawahlunto merupakan yang terbaik di tingkat Provinsi Sumatera Barat, namun tidak menyebabkan pihaknya berhenti dan terus mencari dan menerapkan terobosan baru untuk peningkatannya.

"Tujuan utama bukanlah peringkat, namun adalah kualitas dan kuantitas pendidikan," katanya.

Kualitas pendidikan di Kota Sawahlunto dari tahun ke tahun terus meningkat, hal tersebut dibuktikan dengan jumlah lulusan SMA/SMK yang diterima di perguruan tinggi negeri (PTN) dalam beberapa tahun terakhir.

Pada 2008 sebanyak 139 lulusan SMA/SMK di daerah itu diterima di PTN, 2009 sebanyak 178 siswa, 2010 sebanyak 222 siswa dan pada 2011 sebanyak 251 siswa.

Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kota Sawahlunto Herman menambahkan, program utama pendidikan di kota itu adalah selalu meningkatkan kualitas, dimana variabel utamanya adalah proses belajar mengajar di kelas disamping karakterisktik guru.

"Peningkatan belajar mengajar di sekolah tidak pernah berhenti, dan kegiatan untuk guru salah satunya adalah pencerahan," kata Herman.

Sementara itu, Ketua DPRD Kota Sawahlunto Ali Yusuf berharap kegiatan itu dapat menjadi motivasi untuk lebih meningkatkan kualitas guru sebagai pendidik dalam proses belajar mengajar.

"Serap dan terapkan ilmu untuk meningkatkan kualitas pendidikan di kota tercinta ini," kata Ali.
(T.KR-AH)

Pewarta:

Editor : Nurul


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2012