Bengkulu (ANTARA Jambi) - Tiga kuntum rafflesia (Rafflesia arnoldii) mekar di kawasan hutan Bengkulu yakni dua bunga di Hutan Lindung Bukit Daun dan satu bunga mekar di Cagar Alam Taba Penanjung.

Koordinator Komunitas Peduli Puspa Langka Sofian Ramadhan mengatakan mekarnya bunga langka itu menjadi salah satu daya tarik untuk melihat keunikan flora hutan hujan tropis khususnya wilayah Bengkulu.

"Kami memberi kesempatan kepada masyarakat yang belum pernah melihat rafflesia, untuk melakukan trip bersama anggota komunitas ke dua kawasan hutan ini," katanya di Bengkulu, Sabtu.

Ia mengatakan tiga bunga langka itu dijaga oleh Anggota Komunitas Peduli Puspa Langka (KPP) di wilayah Kabupaten Kepahiang dan Kabupaten Bengkulu Tengah, lokasi tiga bunga rafflesia mekar.

Dua bunga mekar di dalam Hutan Lindung Bukit Daun hanya berjarak dua meter dengan diameter bunga rata-data 80 cm.

Untuk melihat bunga tersebut, pengunjung harus memasuki kawasan hutan 300 metear dari badan jalan lintas Kota Bengkulu-Kepahiang.

Sedangkan bunga yang mekar di Cagar Alam Taba Penanjung memiliki diameter 60 cm. Untuk melihat bunga ini hanya perlu berjalan kaki sejauh 30 meter ke dalam hutan.

"Jalan setapak untuk memudahkan pengunjung masuk ke hutan sudah dibuat di dua tempat ini, hanya saja kalau turun hujan akan sedikit licin," katanya.

Sofian mengatakan selama 2012 sudah terdapat lima bunga mekar di dalam dua kawasan hutan ini.

Sedangkan selama 2011 terdapat 16 bunga rafflesia mekar hanya di lokasi HL Bukit Daun sehingga kawasan tersebut merupakan habitat yang paling produktif.

Ia menyebutkan, kekayaan flora langka yakni Rafflesia arnoldii akan terus dipromosikan untuk mendatangkan wisatawan ke daerah itu.

"Karena Bengkulu adalah Bumi Rafflesia dan merupakan habitat Rafflesia arnoldii yang sebenarnya," tambahnya.(T.KR-RNI)

Pewarta:

Editor : Nurul


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2012