Jambi, (ANTARA Jambi) - Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Jambi, menyiapkan sekurangnya 13.426 paket sembilan bahan kebutuhan pokok murah menjelang bulan suci Ramadhan 2012.

"Paket sembako murah ini akan mulai disebar melalui program pasar murah khusus bagi masyarakat kurang mampu untuk mengantisipasi kenaikan harga sembako yang biasa terjadi saat Ramadhan," kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Tanjung Jabung Timur Ibnu Hayat di Muarasabak, ibu kota Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim), Kamis.

Menurut dia, kenaikan harga sembako juga mulai dirasakan masyarakat Tanjabtim menghadapi Ramadhan beberapa pekan ke depan.

Ibnu menyebutkan, beberapa harga sembako telah mengalami kenaikan beberapa hari terakhir di antaranya gula pasir dari harga biasa Rp15 ribu per kilogram naik menjadi Rp20-25 ribu per kilogram.

"Harga gula pasir juga menunjukkan kenaikan dari rata rata Rp10-11 ribu per kilogram, naik menjadi Rp13 ribu per kilogram," katanya.

Sementara itu, terkait harga daging, Ibnu Hayat menilai, kondisi harga daging di Tanjabtim saat ini tidak terlalu mengkhawatirkan.

Hal itu, kata dia, disebabkan tingkat konsumsi masyarakat akan daging tidak terlalu tinggi saat hari raya. Tidak hanya itu, saat Ramadhan atau lebaran, pasokan daging bagi warga di Tanjabtim banyak berasal dari sapi khusus yang dipotong warga secara gotong royong di masing masing desa atau kecamatan.

"Jadi sebagian besar pasokan daging saat Ramadhan justru tidak terlalu mengkhawatirkan. Sebab, warga sudah menyediakan pasokan khusus tanpa mendatangkan daging dari pasar," jelasnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, menghadapi Ramadhan dan lebaran, Disperindag Tanjabtim juga akan menggandeng beberapa perusahaan swasta maupun BUMN untuk ikut program paket sembako murah.

"Data masyarakat miskin sudah ada, jadi dengan dilibatkannya swasta maupun BUMN bisa menambah jumlah paket yang ada sehingga penerima juga bisa semakin banyak," katanya. (T.KR-BS)

Pewarta:

Editor : Nurul


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2012