Jambi, (ANTARA Jambi) - Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Jambi, melalui Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah menganggarkan Rp200 juta untuk membantu pengembangan 40 kelompok UMKM di daerah itu.

"Salah satu langkah strategis kami adalah dengan memberikan pembinaan khusus kepada 40 kelompok usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) untuk kemudian dibantu dari sisi permodalan," kata Wakil Bupati Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim) Ambo Tang di Muarasabak, ibu kota Kabupaten Tanjabtim, Rabu.

Ia menjelaskan, salah satu kendala pengembangan UMKM adalah permodalan serta upaya pemasaran produk UMKM. Untuk itu, dalam pembinaan tersebut Pemkab Tanjabtim telah menunjuk Dinas Koperasi dan UMKM untuk melibatkan beberapa pihak yang bisa memasarkan produk UMKM tersebut.

Salah satu pembinaan yang dilakukan, kata dia, adalah dengan melibatkan sekitar 40 orang perwakilan kelompok UMKM yang bergerak di bidang kerajinan batik dan bambu.

Menurut dia, kerajinan batik sangat efektif dikembangkan, selain bisa mendatangkan sisi ekonomis yang menggiurkan, batik juga bisa bermanfaat bagi pengembangan kebudayaan daerah. Salah satunya dengan mengangkat kearifan budaya lokal dalam kerajinan batik.

Sementara itu, di sejumlah daerah di Tanjabtim banyak ditumbuhi hutan bambu yang dinilai masih belum termanfaatkan.

"Padahal, apabila diolah dengan baik, kerajinan bambu sangat menguntungkan secara ekonomi. Ini yang akan kami gali melalui pembinaan sehingga bisa merangsang masyarakat untuk berwirausaha," ujarnya lagi.

Kemudian, khusus untuk pemodalan, Pemkab Tanjabtim mengalokasikan dana bergulir Rp100 juta yang akan dibagi untuk beberapa kelompok. Bantuan modal itu merupakan bantuan bergulir yang nantinya bisa dikembangkan bagi kelompok lain.

Selain itu, Pemkab Tanjabtim juga mengalokasikan Rp100 juta bagi pengembangan dua unit tempat praktik keterampilan usaha (TPKU) di daerah itu. Masing masing di Kecamatan Rantau Rasau dan Kecamatan Kuala Jambi.

"Dengan bantuan ini diharapkan setiap TPKU bisa mendorong anggotanya untuk terus kreatif dalam berusaha," tambahnya.(T.KR-BS)





Pewarta:

Editor : Nurul


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2012