Jambi (ANTARA Jambi) - Bupati Tanjung Jabung Timur, Jambi, Zumi Zola meresmikan cabang Universitas Negeri Jambi yang merupakan perguruan tinggi pertama di daerah paling timur Jambi itu.

"Kami sangat bahagia dengan dibukanya Universitas Negeri Jambi di Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim) ini. Mudah-mudahan dunia pendidikan dan kualitasnya semakin meningkat di daerah ini," ujar Zumi Zola di Muarasabak, ibukota Kabupaten Tanjabtim, Rabu.

Menurut dia, cabang Universitas Negeri Jambi itu akan membuka jurusan Diploma III Teknologi Hasil Perikanan.

"Kenapa Diploma III perikanan, karena Tanjabtim merupakan daerah perairan yang sangat membutuhkan putra-putra daerah yang handal untuk mengelola perikanan di sini," katanya.

Bupati yang juga mantan artis dan pesinetron ini mengatakan, peningkatan kualitas pendidikan yang terkait dengan sumber daya daerah menjadi salah satu prioritas utama bagi dirinya untuk terus memajukan Kabupaten Tanjabtim.

Potensi perairan yang mencapai hampir 50 persen daerah Tanjabtim belum terolah secara maksimal.

Terkait hal itu, Pemkab Tanjabtim sejak dua tahun terakhir mengalokasikan anggaran lebih dari Rp27 miliar untuk bantuan kapal nelayan berikut alat tangkapnya.

"Untuk itu, program kelautan dan perikanan ini perlu didukung dunia pendidikan untuk menciptakan penerus yang handal dan profesional. Maka dari itu kami dalam beberapa tahun terakhir ini berupaya agar Universitas Jambi bisa membuka fakultas baru di Tanjabtim," ujarnya.(Ant)

Pewarta:

Editor : Edy Supriyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2012