Jakarta (ANTARA Jambi) - Sebanyak sembilan bidan inspiratif yang telah mampu memberikan kontribusi positif terhadap kesehatan dan kesejahteraan masyarakatnya melalui inisiatif yang relevan dan berhasil guna, diusulkan mendapatkan anugerah Srikandi Award 2012.

Sekretaris Jenderal Ikatan Bidan Indonesia (IBI), Yetty Leoni M. Irawan, di Jakarta, Jumat, mengatakan, pihaknya  menggandeng PT Sarihusada untuk keempat kalinya menyelenggarakan Srikandi Award.

"Ini adalah sebuah penghargaan kepada sosok-sosok bidan pilihan yang telah mengabdikan dirinya bagi masyarakat, khususnya dalam upaya mempercepat pencapaian beberapa poin penting Millenium Development Goals (MDGs) yaitu menurunkan angka gizi kurang dan gizi buruk, angka kematian bayi/balita dan meningkatkan derajat kesehatan ibu melalui program sosial Pos Bhakti Bidan," kata Yetty.

Sejak pertama kali dilaksanakan pada 2009, program Pos Bhakti Bidan dan Srikandi Award itu telah menginspirasi dan mengajak para bidan di seluruh pelosok nusantara meningkatkan komitmen sosial untuk mendukung tercapainya peningkatan kualitas taraf kesehatan masyarakat, khususnya ibu dan anak.

Yetty menambahkan, setiap tahun pihaknya menerima begitu banyak proposal Pos Bhakti Bidan berisi program-program sosial di bidang kesehatan untuk memajukan kesehatan dan gizi masyarakat dimana bidan tersebut tinggal.

"Itu artinya semakin terlihat jelas peran bidan sebagai elemen penting dalam kehidupan masyarakat. Kerja keras mereka dalam edukasi dan sosialisasi kesehatan, terutama di daerah-daerah yang memiliki kondisi geografis yang sulit dijangkau oleh tenaga kesehatan lainnya memang sangat dibutuhkan," kata Yetty.

Pada kesempatan yang sama Corporate Affairs danLegal Director Sarihusada, Yeni Fatmawati,  menjelaskan, pada 2012 dari 250 program Pos Bhakti Bidan yang dijalankan di 18 propinsi, pihaknya memilih sembilan bidan dengan inisiatif terbaik.

"Oleh karena itulah tahun ini kami mengangkat 'Cinta 9 Bidan' sebagai tema Srikandi Award 2012," katanya.

"Cinta 9 Bidan" melambangkan sosok sembilan bidan yang melalui ketulusan cinta mereka telah mampu memberikan kontribusi positif terhadap kesehatan dan kesejahteraan masyarakatnya melalui inisiatif yang relevan dan berhasil guna.

Tiga bidan terbaik dari masing-masing kategori akan diumumkan pada acara Malam Penganugerahan Srikandi Award 2012 yang diselenggarakan Selasa malam (18/12) di Balai Kartini, Jakarta.(Ant)

Pewarta:

Editor : Edy Supriyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2012