Jambi (ANTARA Jambi) - Ketua Umum Dewan Kesenian (DK) Jambi Azwan Zahari mengatakan pihaknya akan memberikan penghargaan kepada seniman Jambi yang telah memberikan kontribusi atas perkembangan seni dan budaya di daerah itu.

Menurut Azwan, penghargaan yang akan diserahkan pada acara Malam Budaya tanggal 6 Januari 2013 itu merupakan bentuk apresiasi DK Jambi atas dedikasi seniman Jambi.

"Kami akan memberikan anugerah budaya bagi seniman Jambi. Yang sudah pasti adalah Tamjid Wijaya. Beliau adalah penyanyi, pencipta, komposer dan pelesatari lagu-lagu daerah Jambi," katanya.

Almarhum Tamjid Wijaya meninggal dunia pada 29 Juli 2010, dia menderita tumor nasofaring yang menyerang tenggorokkan.

Ia wafat dalam usia 65 tahun dengan meninggalkan begitu banyak karya, di antaranya seratusan lebih lagu-lagu daerah Jambi dan beberapa buku berisi kumpulan lagu-lagu Jambi yang dikarang oleh anonim.

Jaffar Rasuh, Budayawan Jambi mengatakan, Haji Tamjid Wijaya adalah orang yang kukuh, konsisten dan memiliki dedikasi yang luar biasa bagi seni musik dan pekembangan lagu-lagu daerah Jambi.

Dedikasi Tamjid Wijaya bagi tanah ini terletak dari keseriusan dan upaya beliau dalam mengangkat khasanah musik daerah Jambi. Dia tidak saja menyanyikan, tapi juga mencipta dan menggubah lagu-lagu yang  berkembang sebelumnya di Jambi.

"Setahu saya, saat itu lagu-lagu daerah Jambi sedang berada diambang keterpurukan. Lagu-lagu daerah Jambi tidak sepopuler lagu-lagu daerah lain, seperti lagu Minang, Melayu Riau, dangdut dan sebagainya," bebernya.

Lagu daerah Jambi, nyaris tidak dikenal oleh masyarakat Jambi sendiri. Namun, berkat kepedualian Tamjid, lagu-lagu daerah Jambi kemudian dikenal oleh masyarakat luas.

Menurut Jaffar yang juga Pembina DK Jambi ini, pemberian penghargaan itu sedianya akan diberikan untuk seniman berdedikasi dari masing-masing genre, seperti tari, musik, lukis, teater, sastra, film, termasuk jurnalis yang konsisten menuliskan soal kebudayaan di Jambi.

Namun, oleh karena berbagai keterbatasan, tahun ini DK Jambi baru akan memberikan kepada Tamjid Wijaya.(Ant)

Pewarta:

Editor : Edy Supriyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2012