Jambi (ANTARA Jambi) - Pemerintah Kabupaten Sarolangun, Jambi, berhasil menghemat beban belanja APBD pada tahun 2012 sekitar Rp5 miliar dengan menggunakan sistem pelelangan barang dan jasa pemerintah secara elektronik.

Menurut Kepala Bagian Administrasi Pembangunan Sekretariat Daerah Sarolangun, Novriadi, melalui Kasubag Pengendalian Pembangunan Arbain, Kamis, penggunaan sistem pelelangan secara elektronik mulai dilakukan pada 2012 dan hasilnya dapat melakukan penghematan anggaran sebesar Rp5 miliar.

Saat disinggung terkait rencana penghematan beban pengeluaran APBD Sarolangun pada 2013, Arbain menyatakan, di tahun 2013 akan semakin besar dana APBD yang bisa dihemat.

Hal ini mengingat, pada tahun ini hampir 100 persen seluruh kegiatan lelang dilaksanakan secara elektronik.

"Kami optimistis pada tahun ini penghematan APBD akan semakin besar, sebab tahun lalu saja hanya 40 persen kegiatan lelang yang dilakukan elektronik bisa hemat anggaran sampai Rp5 miliar, apalagi kalau 100 persen," ujarnya.

Meski begitu, ia belum bisa memastikan besaran angka penghematan, namun diyakini penghematan anggaran akan semakin besar sehingga dana yang tersisa bisa dimanfaatkan untuk melaksanakan pembangunan lain dalam upaya mensejahterakan masyarakat.

Arbain juga berharap kepada Kantor Pengelola Data Elektronik (PDE) selaku pelaksana lelang elektronik agar meningkatkan pelayanan perangkat pendukung agar pelaksanaan LPSE berjalan sesuai harapan dan transparan dalam hal pemaparan secara elektronik.

"Harapan  kami ke depan agar perangkat LPSE dapat terus ditingkatkan dalam mendukung kegiatan ini. Selama ini kami lihat belum maksimal. Ini dibuktikan masih banyaknya keluhan dari para rekanan, karena pada saat mendowload sering terputus," tambahnya.(Ant)

Pewarta:

Editor : Edy Supriyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2013