Jambi (ANTARA Jambi) - Para petani di Desa Sungai Abang, Kecamatan Sarolangun, Kabupaten Sarolangun, Jambi, saat ini sangat membutuhkan mesin perontok padi guna menunjang aktivitas pertanian di desa tersebut.

Menurut Sekretaris Desa (Sekdes) Sungai Abang, Syargawi, Minggu, selama ini para petani mengalami kesulitan saat panen dalam memproses pemisahan padi dengan tangkainya.

"Selama ini para petani masih menggunakan cara manual dengan menggunakan kaki dan kayu pemukul, sehingga prosesnya menjadi lebih lambat," ujarnya.

Ia menjelaskan, terdapat empat kelompok tani yang membutuhkan mesin perontok padi, yaitu kelompok tani Desa Sungai Abang, Desa Panti, Desa Tinting dan Desa Sungai Baung.

Para petani di empat desa ini telah mengajukan permohonan bantuan ke Pemkab Sarolangun dikarenakan mesin ini merupakan salah satu kebutuhan vital para petani.

"Keempat desa tersebut memiliki potensi sebagai pengashil padi yang besar namun itu harus didukung dengan sarana yang baik dan pelatihan yang intensif," katanya.

Selama ini para petani kesulitan membeli sendiri alat perontok padi tersebut, karena minimnya anggaran keuangan di tiap desa.

Ketika menanggapi hal ini, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Sarolangun Joko Susilo menyatakan, pihaknya siap membantu menyediakan mesin perontok padi bagi kelompok tani.

Namun bantuan tersebut akan disesuaikan dengan potensi masing-masing desa.

"Jika sudah diberikan bantuan, setiap desa wajib merawat serta memelihara mesin perontok padi tersebut," tambahnya.(Ant)

Pewarta: Putra Agung

Editor : Edy Supriyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2013