Jambi (ANTARA Jambi) - Peletakkan batu pertama pembangunan pabrik semen di Kabupaten Sarolangun, Jambi, yang merupakan cabang PT Semen Baturaja, diperkirakan akan dilakukan pada Juli 2013.

Kepala Bagian Humas Pemkab Sarolangun, M Idrus ketika dikonfirmasi di Sarolangun, Jumat menjelaskan, pabrik semen tersebut direncanakan berdiri di Desa Bukit Bulan, Kecamatan Limun.

"Saat ini pihak managemen PT Semen Baturaja tengah melengkapi sejumlah persyaratan layaknya perusahaan yang akan berinvestasi di sebuah daerah, yakni melakukan sosialisasi hingga ke tingkat desa yang berada di sekitar lokasi pembangunan pabrik semen itu," katanya.

Ia mengatakan, sosialisasi ke tingkat kecamatan sudah mereka lakukan dan mudah-mudahan masyarakat mau menerima, karena kehadiran pabrik semen itu akan meningkatkan perekonomian daerah Sarolangun, termasuk masyarakat yang berada di sekitar pabrik.

Saat ini pihak perusahaan tengah bekerja melengkapi syarat untuk menerbitkan Analisa Mengenai Dampak Lingkungan (Amdal) sebagai salah satu persyaratan sebelum mengoperasikan pabriknya.

"Amdal ini diperlukan agar setelah beroperasi pabrik nantinya tidak bermasalah dalam lingkungan," ujar Idrus.

Dalam upaya menarik investasi ke Sarolangun, Pemkab setempat akan memberikan kemudahan, termasuk dalam proses perizinan.

"Ini sudah menjadi komitmen pak bupati dalam upaya mempercepat pembangunan daerah. Kepada seluruh pimpinan instansi yang berkaitan dengan investasi, bupati minta agar proses perizinannya jangan dipersulit," katanya.

Khusus untuk investasi PT Semen Baturaja, berdasarkan hasil studi banding ke PT Semen Gresik beberapa waktu lalu, dari sisi pendapatan daerah (PAD) yang didapat Pemkab Sarolangun diperkirakan kecil.

Namun kontribusi keberadaan pabrik dinilai akan sangat membantu upaya percepatan pembangunan daerah, tidak hanya bagi Kecamatan Limun, tapi juga Kabupaten Sarolangun dan Provinsi Jambi secara umum.

"Dalam mengembangkan iklim investasi di Sarolangun, pak bupati tidak hanya menimbang pendapatan yang masuk ke daerah saja, tapi juga melihat kontribusinya untuk mempercepat pembangunan daerah," katanya.

Jika PT Semen Baturaja telah dibangun maka akan ada multi dampak yang diharapkan sangat membantu dalam menciptakan lapangan kerja baru atau penyarapan tenaga kerja.

Selain itu, akan muncul juga peluang usaha bagi masyarakat dengan membuka warung berbagai jenis di sekitar lokasi pabrik.

Dampak lainnya, kata Idrus, keberadaan PT Semen Baturaja di Kecamatan Limun diharapkan akan membantu Pemkab Sarolangun membuka akses jalan ke wilayah tersebut yang selama ini belum dapat terwujud akibat keterbatasan dana APBD.

"Perusahaan itu akan membuka jalan dengan lebar sekitar 10 meter untuk operasionalnya. Kalau terwujud, persoalan tidak pernah baiknya jalan ke Bukit Bulan akan segera teratasi tanpa harus membebani keuangan daerah," tambahnya.(Ant)

Pewarta: Putra Agung

Editor : Edy Supriyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2013