Jambi, (Antara Jambi) - Taman Budaya Jambi selaku tuan rumah Temu Karya Taman Budaya se-Indonesia 2013 telah menyiapkan sebentuk pertunjukan interaktif, yakni pertunjukan 'Lukah Gilo' guna mengisi seremoni pembukaan.

"Pada seremonial pembukaan yang akan dilakukan Gubernur Jambi dan dihadiri dua kementerian yakni Kemenparekraf dan Kemendikbud kita akan menyajikan pertunjukan Lukah Gilo yang sudah diolah dalam bentuk sajian seni pertunjukan interaktif," kata Koreografer Sanggar Sekintang Dayo yang dipercaya menggarap pertunjukan tersebut, Eri Argawan di Jambi, Jumat.

Dikatakan Eri, pertunjukan Lukah Gilo tersebut nantinya selain disajikan dalam bentuk koreografi tari tradisi juga akan melibatkan penonton untuk dapat turut terlibat merasakan sensasi dari pertunjukan yang berasal dari permaianan yang hidup di hampir seluruh kabupaten kota di Jambi semenjak ratusan tahun silam.

"Aslinya pertunjukan ini adalah permaianan jailangkungan yang dimainkan masyarakat untuk menghibur diri saat waktu senggang selepas mereka bekerja di ladang atau di sawah, inilah yang kita olah dalam koreografi tari oleh sekitar 20 penari dan selanjutnya akan ada sesi mengajak penonton guna turut mencoba permainan tersebut di atas panggung," ujar Eri.

Seremonial pembukaan yang akan dilangsungkan  pada sore hari di panggung utama taman budaya Jambi tersebut selain diisi dengan pertunjukan pembukaan berupa Lukah Gilo tersebut juga akan ditampilkan devile masing-masing kontingen.

Dikatakan Didin Sirojudin selaku koordinator pertunjukan, pembukaann acara ini akan ditandai dengan penggoresan pertama oleh Gubernur Jambi Hasan Basri Agus di atas kanvas sepanjang 100 meter. (Ant)

Pewarta:

Editor : Nurul


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2013