Jambi (ANTARA Jambi) - Bank Indonesia Perwakilan Jambi akan menyiapkan kecukupan uang tunai untuk masyarakat menghadapi tingginya permintaan menjelang Idul Fitri 1434 Hijriah.

Siaran pers Bank Indonesia (BI) Jambi, Kamis menyebutkan, BI akan menbgoptimalkan distribusi dan persediaan uang tunai di Kota Jambi maupun di kabupaten/kota lainnya di Provinsi Jambi.

Selain itu, BI juga akan menyediakan layanan penukaran uang di Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jambi serta 10 bank di Kota Jambi, lima kas titipan di Muara Bungo, dan 10 lokasi tidak tetap.

BI mengimbau masyarakat yang ingin melakukan penukaran uang rupiah, hendaknya melakukan penukaran di loket resmi yang telah ditetapkan, agar terhindar dari peredaran uang palsu, pemotongan, atau pengenaan biaya dalam penukaran.

"Silakan menukarkan uang di loket resmi, agar lebih aman dari pemotongan atau peredaran uang palsu," sebut siaran pers itu.

Masyarakat juga diingatkan agar berhati-hati dalam melakukan transaksi tunai.

BI juga meminta masyarakat untuk berhati-hati saat membawa uang dalam jumlah yang cukup besar, guna menghindari perampokan, pencurian, dan aksi kriminalitas lainnya.

Untuk keamanan, sebaiknya masyarakat meminta bantuan aparat keamanan guna mencegah aksi-aksi kriminalitas menjelang Idul Fitri, demikian siaran pers BI Perwakilan Jambi.(Ant)

Pewarta: Nurul Fahmy

Editor : Edy Supriyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2013