Jambi (ANTARA Jambi) - Kepala Kantor Wilayah Kementrian Agama  Provinsi Jambi, Mahbub Daryanto menyatakan sebanyak 372 calon jemaah haji (CJH) yang batal berangkat tahun ini akan diprioritaskan pada 2014.

"Mereka yang batal di berangkatkan tahun ini akan menjadi prioritas di 2014. Memang ini kebijakan dari Kerajaan Arab Saudi, bukan gagal berangkat, tetapi tertunda," ujar Mahbub kepada wartawan di Jambi, Senin.

Menurut dia, penundaan itu disebabkan oleh adanya rehabilitasi pembangunan yang tengah dilakukan di Masjidil Haram. Bagi CJH yang sudah terdaftar dan melunasi Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) pada 2013 ini, namun batal diberangkatkan maka tidak akan dikenakan penambahan biaya.

Kanwil Kemenag Jambi menyebutkan CJH asal Jambi yang akan berangkat ke Tanah Suci 2013 ini dipastikan berjumlah sebanyak 2.091 orang. Jumlah itu didasarkan pada nomor urut paling bawah naik ke atas.

Sementara untuk kuota CJH lanjut usia atau lansia tidak terpengaruh dengan pengurangan itu.

"Lansia itu tak ada kuotanya. Awalnya kuota nasional sisa Jambi itu kan seharusnya 522 orang yang dipangkas. Itu karena ada 150-an CJH yang tak melakukan pelunasan BIPH. Rencananya yang tak mengurus itu mau diserahkan kepada lansia, namun bagaimana mau diserahkan ke Lansia, yang ada saja dipotong," jelas Mahbub.(Ant)

Pewarta: Bangun Santoso

Editor : Edy Supriyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2013