Jambi (ANTARA Jambi) - Sebanyak 60 siswa dan mahasiswa dari berbagai sekolah dan perguruan tinggi di Jambi akan mengikuti program "Familirisation Trip" yang digelar Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jambi, pada 14-17 Maret di Kabupaten Kerinci.

"Para siswa dan mahasiswa itu akan diperkenalkan dan dipersiapkan menjadi ujung tombak promosi kepariwisataan Jambi di masa mendatang," kata Koordinator Program Familirisation Trip (Famtrip) Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Jambi Ir Guntur di Jambi, Rabu.

Adapun sekolah yang mengutus siswa dan gurunya mengikuti program tersebut adalah SMA 1, SMA 3, SMA 2, SMA Xaverius 1, MAN Cendikia, SMK Adhyaksa, sedangkan perguruan tinggi yang terlibat adalah Universitas Jambi dan Universitas Batanghari.

Ia mengatakan, selain para siswa dan mahasiwa juga diikutsertakan kalangan pers, pramuwisata, duta seni budaya dan pariwisata serta perwakilan lembaga kebudayaan dari masyarakat.

Pada kegiatan selama tiga hari tersebut para peserta akan diajak mengunjungi berbagai objek wisata yang tersebar di Kabupaten Kerinci dan menjadi andalan pengembangan kepariwisataan Jambi di masa mendatang seperti danau, kebun teh, pertanian rakyat, air terjun, desa wisata, pusat kebudayaan dan lain sebagainya.

"Para peserta nantinya akan merasakan dan menyaksikan langsung berbagai kekayaan dan keunikan objek-objek wisata andalan Jambi yang tersebar di Kabupaten Kerinci," katanya.

Diharapkan, para pelajar akan dengan sendirinya memiliki pengetahuan dan wawasan tentang kekayaan negeri atau daerahnya sehingga mereka akan merasa bangga," kata Guntur yang juga Ketua Himpunan Pramuwista Indonesia (HPI) Jambi.

Kerinci yang merupakan kabupaten paling barat di Provinsi Jambi dan berada di tengah-tengah rangkaian Bukit Barisan tersebut saat ini telah ditetapkan menjadi "higland park" yang merupakan rangkaian dari "Geopark" Merangin yang telah diakui menjadi geopark nasional dan tengah bersiap menuju pengakuan Unesco menjadi salah satu warisan dunia.(Ant)

Pewarta: Yupnical

Editor : Edy Supriyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2014