Madrid (ANTARA Jambi) - Liga sepak bola profesional Spanyol (LFP) mengecam Espanyol setelah para penggemar mereka menirukan suara kera untuk mengejek dua pemain asal Brazil Neymar dan Dani Alves, serta menghina bek Spanyol Gerard Pique pada pertandingan "derby" Liga Spanyol yang dimainkan di Barcelona pada Sabtu.

Penyerang Barca asal Argentina Lionel Messi juga mendapat pelecehan secara verbal dan Espanyol akan dilaporkan kepada komisi pemerintah Spanyol yang bertugas untuk memerangi kekerasan, rasisme, dan xenophobia di olahraga, kata LFP pada Selasa.

Sekelompok penggemar di markas Espanyol Stadion Cornella-El Prat mengejek Pique, kekasihnya yang merupakan bintang pop Shakira, dan putra mereka yang masih bayi sebagai bagian dari pelecehan terhadap Barca, yang memenangi pertandingan itu dengan skor 2-0 meski Jordi Alba diusir keluar lapangan tidak lama setelah turun minum.

Alba, pemain internasional Spanyol, juga mendapat pelecehan verbal ketika ia meninggalkan lapangan, kata LFP.

Espanyol kemungkinan besar akan dijatuhi denda senilai puluhan ribu euro karena insiden-insiden tersebut.

Rasisme dan pelecehan telah lama menjadi masalah di stadion-stadion sepak bola Spanyol, namun LFP berupaya keras untuk meminimalisir hal-hal semacam itu setelah kematian seorang penggemar Deportivo La Coruna dalam perkelahian sebelum pertandingan mereka di markas Atletico Madrid pada akhir November.

Alves telah menjadi target sejumlah aksi rasisme di masa lalu, dan ia mencuri perhatian banyak orang pada April tahun lalu ketika ia mengambil pisang yang dilemparkan penonton di markas Villarreal, mengupasnya, dan menggigit pisang itu sebelum melemparkannya ke pinggir lapangan. (Ant)

Pewarta:

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2015