Jambi (ANTARA Jambi) - Festival Masyarakat Peduli Danau Kerinci  yang akan dilaksanakan Agustus 2015 bakal menampilkan kebudayaan asli masyarakat Kabupaten Kerinci.

"Pada Festival Danau Kerinci tahun ini akan ada penampilan kebudayaan asli Kabupaten Kerinci," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya Kabupaten Kerinci Hardinal ketika dihubungi dari Jambi, Minggu.

Dia mengatakan Festival Danau yang digelar Agustus nanti juga diisi sejumlah perlombaan dan kegiatan yang sudah dirancang oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan untuk dilaksanakan.

Selain menampilkan kebudayaan Kerinci, Hardinal menyebut sedikitnya ada tujuh kegiatan dan perlombaan yang akan dilaksanakan. Baik dalam bentuk lomba atau pun dalam bentuk pertunjukan.

Kegiatan itu diantaranya, perlombaan tata busana, perlombaan tanaman khas Kabupaten Kerinci, pawai massal, khatam Al-qur'an tingkat anak-anak dan pameran seni budaya.

Bukan hanya itu, Hardinal juga mengatakan saat Festival Danau juga akan ditampilkan spesifikasi unik dari 16 kecamatan yang ada di Kabupaten Kerinci dan pameran batu akik yang saat ini sedang trend.

"Untuk batu akik, akan kita bagi dua, satu pameran batu akik asli Kabupaten Kerinci dan satunya lagi adalah kontes batu akik untuk semua jenis batu," kata Hardinal menjelaskan.

Sementara itu, Bupati Kerinci, Adirozal, juga menginginkan agar Festival Danau tahun 2015 ini bisa diisi dengan sejumlah kegiatan yang unik dan mampu mengangkat pariwisata Kabupaten Kerinci untuk masa yang akan datang.

"Di daerah lain juga memiliki gunung, danau, kebun teh, dan lain-lain, nah sekarang bagaimana dengan potensi wisata yang kita miliki. Bagaimana Kerinci mampu berbicara di tingkat nasional dan internasional," kata Adirozal.

Festival Masyarakat Peduli Danau Kerinci (FMPDK) sudah menjadi agenda wisata tahunan di Jambi. Dan tahun 2015 ini, Festival Danau digelar selama 17 hari. Yakni mulai tanggal 2-18 Agustus. (Ant)

Pewarta: Dodi Saputra

Editor : Imansyah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2015