Jambi (ANTARA Jambi) - Pengprov Persatuan Olahraga Biliar Seluruh Indonesia (Pobsi) Jambi mempersiapkan tujuh pebiliar untuk menghadapi Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) se-Sumatera di Provinsi Bangka Belitung, pada 9-19 November.

Sekretaris umum Pengprov Pobsi Jambi, Sulaiman Bujang, di Jambi Senin, mengatakan pihaknya sedang mempersiapkan tujuh atlet untuk berlaga di Porwil Sumatera yang juga merupakan babak prakualifikasi PON cabang biliar.

Pada Porwil di Bangka Belitung (Babel) mendatang, ketujuh pebiliar Jambi tersebut akan diturunkan pada tiga nomor pertandingan yakni bola delapan, sembilan dan sepuluh untuk perorangan dan pasangan serta beregu.

"Ajang Porwil nanti merupakan yang pertama kali dilakukan untuk cabang biliar karena selama ini untuk olahraga biliar babak prakualifikasi PON nya hanya dipertandingkan pada ajang Kejuaraan nasional sekaligus babak prakualifikasi PON," kata Sulaiman.

Namun PB Pobsi menentukan ada beberapa ajang babak prakualifikasi PON pada tahun ini, yakni pada kejurnas dan Porwil se-Sumatera yang dibagi dalam beberapa nomor pertandingan pada kedua ajang tersebut.

"Khusus pada Porwil se-Suametera, PB menentukan hanya nomor pertandingan bola delapan, sembilan dan sepuluh yang akan dipertandingkan baik untuk perorangan, pasangan dan beregu," kata Sulaiman Bujang.

Kedelapan atlet biliar Jambi yang akan diturunkan pada ajang Porwil se-Sumatera sekaligus babak prakualifikasi PON nanti adalah lima putra dan dua putri khusus untuk nomor pertandingan bola delapan, sembilan dan sepuluh beregu, pasangan dan peorangan.

Lima atlet putra Jambi yang dipersiapkan tersebut adalah Sayumin Teng akan tampil di nomor bola delapan, pebiliar muda berprestasi Risky pada nomor bola delapan dan sembilan, Sugeng pada nomor bola sepuluh, Sadikin bola sembilan dan Alwi pada nomor bola sembilan dan sepuluh dan yang putra akan tampil perorangan, pasangan dan beregu.

Sedangkan putrinya ada Junhartono dan Lita H yang akan tampil dinomor bola delapan, sembilan dan sepuluh perorangan dan pasangan.

"Target kita adalah bisa meloloskan ketujuh pebiliar tersebut ke PON 2016 di Bandung, Jawa Barat, karena pengalaman dan prestasi mereka yang sudah teruji di kancah nasional," kata Sulaiman Bujang. (Ant)

Pewarta: Nanang Mairiadi

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2015