Jambi (ANTARA Jambi) - Dua atlet judo (pejudo) Jambi dipastikan telah meraih tiket PON ke-XIX/2016 di Jawa Barat, setelah berhasil mengumpulkan nilai yang ditentukan sebagai syarat lolos PON oleh Pengurus Besar Persatuan Judo Seluruh Indonesia.

Pelatih Judo Jambi Sutoyo di Jambi, Jumat, mengatakan kedua pejudo Jambi yang dinyatakan lolos PON 2016 adalah Maryanti dan Agus setelah point atau nilai mereka melebihi ketentuan untuk bisa tampil di ajang PON.

Namun demikian Jambi masih bisa kembali menambah atletnya untuk merebut tiket PON. Sebab masih ada beberapa kali lagi kejuaraan yang bisa menambah nilai untuk lolos PON dan pejudo itu adalah Meilani dan Desta K dimana point keduanya sudah mendekati sesuai dengan ketentuan.

"Nilai mereka bisa ditambah pada kejuaraan Wismoyo Cup pada November 2015," kata Sutoyo yang optimistis bisa meloloskan dua pejudo lagi ke PON nanti.

Meilani dan Desta merupakan atlet program Merpati Emas 2016. Dari mereka inilah diharapkan medali-medali bisa diraih di Jawa Barat nanti.

Untuk saat ini nilai yang dimiliki Meilani sudah 1.500 dan syarat lolos PON adalah minimal 2.000 poin dan berarti Meilani tinggal mencari 500 poin lagi, termasuk pejudo Desta, kata Sutoyo.

Menurut dia, meraih nilai lolos PON bisa dikejar para pejudo karena cabang olahraga bela diri itu batas akhir untuk meraih nilai PON adalah Maret 2016.

Kejuaraan nasional (Kejurnas) merupakan hal yang wajib untuk diikuti jika tetap ingin berlaga di PON 2016. Sebab PB PJSI telah menjadikan kejurnas untuk mengumpulkan poin.

Maryanti dan Agus berhasil lolos PON 2016 karena nilai mereka di Kartika Cup VIII/2015 lalu, mereka masuk empat dan lima besar nasional, sehingga nilai yang diraih keduanya cukup mengantarkan untuk mengikuti event multi cabang tersebut. (Ant)

Pewarta: Nanang Mairiadi

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2015