Jambi (ANTARA Jambi) - Pengprov Perkemi Jambi sedang mempersiapkan 13 atlet kempo (kenshi) guna menghadapi Kejuaaraan nasional sekaligus Prakualifikasi PON di Bandung, Jawa Barat, Oktober mendatang.

Hasil seleksi ada sekitar 15 orang atlet yang telah dipersiapkan dan selama bulan puasa ini mereka tetap menjalani program latihan peningkatan fisik dan teknik hingga tampil di Prakualifikasi PON, kata Pelatih Kempo Jambi, Sabtu.

Jambi akan berupaya meloloskan sebanyak mungkin atlet menuju PON XIX/2016 di Jawa Barat dan atlet yang lolos harus mendapat peringkat empat besar jika ingin tampil di PON nanti.

Dalam menghadapi kejuaraan nasional (Kejurnas) sekaligus ajang prakualifikasi PON tersebut, Jambi akan menurunkan ke-15 kenshinya tersebut pada dua kategori yaitu randori atau perkelahian bebas dan embu (peragaan kata) putra, putri dan beregu.

Kamin yang juga mantan atlet nasional itu, menyatakan optimis dapat meloloskan atlet-atlet dan meraih medali. Namun dia belum bisa menargetkan berapa jumlah medali yang dapat diraih nanti.

"Kita punya waktu empat bulan lagi untuk menyeleksi dan mempersiapkan atlet dan mengenai target  belum bisa diprediksi tunggu hari mainnya nanti," kata Kamin.

Dari hasil Pekan Olah raga Provinsi (Porprov) Jambi di Batanghari lalu sudah dapat dilihat kemampuan para kenshi Jambi  karena pihaknya telah mengevaluasi kemampuan para atlet baik yang dibina Pengprov maupun di daerah atau pengcab.

Cabang kempo Jambi sebenarnya cukup diperhitungkan di tingkat nasional pada era tahun 200a an. Namun dalam penilaian terkadang sulit dan biasanya wasit selalu membela tuan rumah sehingga beberapa tahun belakangan ini prestasinya sedikit menurun dan tahun ini mulai bangkit kembali.

"Kempo bukanlah olahraga terukur, seperti atletik, renang dan lain-lainnya. Makanya kita selalu ikut serta dalam pelatihan wasit dan pelatih secara nasional untuk meningkatkan kemampuan atletnya," kata Kamin yang pernah mengantarkan cabang kempo beraih sukses di PON 2000 hingga 2004 dengan merebut dua medali emas. (Ant)

Pewarta: Nanang Mairiadi

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2015