Jambi (ANTARA Jambi) - Pengurus provinsi Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Pengprov Percasi) Jambi akan menggelar seleksi daerah untuk memilih atlet terbaik guna diikutsertakan pada Pekan Olah raga Wilayah (Porwil) se-Sumatera pada November mendatang di Bangka Belitung.

Pelatih Percasi Jambi, Armada Asnawi, di Jambi Selasa, mengatakan atlet yang akan dikirim ke Porwil yang merupakan ajang babak prakualifikasi PON itu adalah pecatur yang terbaik sehingga mereka harus diseleksi lebih dahulu ditingkat daerah.

Percasi Jambi sudah menyusun program diantaranya ada beberapa tahapan persiapan yang akan dijalani untuk menghadapi Porwil 2015, salah satunya dengan melakukan seleksi daerah kemudian memberikan kesempatan kepada para atlet catur Jambi untuk mengikuti pemusatan latihan daerah (pelatda) menjelang Porwil.

Dalam tahapan seleksi tingkat daerah itu, Percasi Jambi akan memanggil atlet-atlet potensial yang tersebar di kabupaten/kota di Provinsi Jambi dan para atlet yang dipanggil nanti adalah pecatur yang memiliki rekam jejak prestasi yang baik pada tingkat daerah maupun kejuaraan tingkat nasional.

"Kemungkinan ada puluhan atlet, putra dan putri, yang akan mengikuti seleksi dan setelah melakukan seleksi tersebut, pihaknya akan menyaring atlet putra dan putri yang akan menjalani pelatda," kata Armada.

Di Porwil se-Sumatera nanti, Percasi fokus untuk bisa meloloskan atlet putranya untuk bertanding di PON 2016. Sedangkan atlet putrinya akan berlaga diajang kejuaraan nasional (kejurnas) bukan di Porwil karena cabang catur putri tidak dipertandingkan di Porwil hanya putra saja.

Untuk putri, para atlet akan berlaga di ajang Kejurnas 2015 sekaligus babak prakualifikasi PON dan atlet catur Jambi hasil seleksi daerah nanti yang akan dikirim mengikutsertakannya pada ajang kejurnas mendatang.

"Kita berharap atlet putra dan putri Jambi bisa lolos ke PON 2016 di Jawa Barat, dan selama ini Jambi hanya meloloskan putra ke PON sedangkan putrinya harus gugur dibabak penyisihan," kata Armada Asnawi. (Ant)

Pewarta: Nanang Mairiadi

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2015