Jambi (ANTARA Jambi) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Batanghari, mengimbau masyarakat di daerah itu untuk tetap waspada datangnya banjir mengingat tingginya curah sejak sepekan terakhir.

"Selain imbauan BPBD Batanghari, pihak Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisikan (BMKG) Provinsi Jambi juga mengeluarkan peringatan dini. BMKG memperkirakan aktivitas hujan masih terus meningkat," kata Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik BPBD Batanghari, Makmun di Muarabulian, Kamis.

Dia mengatakan, untuk wilayah Batanghari, sebanyak 76 desa rawan banjir. Apalagi jika melihat kondisi debit air sungai Batanghari yang setiap harinya meningkat dengan cepat.

"Dengan curah hujan tinggi yang akan mengguyur wilayah Kabupaten Batanghari beberapa pekan kedepannya, tidak menuntut kemungkinan Batanghari akan kebanjiran," katanya.

Berdasarkan pantuan dari petugas BPBD di lapangan, saat ini wilayah yang sudah mulai tergenang air yakni di Kecamatan Bathin XXIV. Dimana daerah ini merupakan daerah yang paling cepat tergenang banjir jika sungai Batanghari meluap.

Namun kata Makmun, luapan air di kecamatan itu baru mengenangi halaman rumah pangung yang dekat dengan sungai batanghari.

"Di Bathin XXIV sejumlah halaman rumah warga sudah tergenang air, namun air belum masuk kerumah karena umumnya rumah warga bertinga," kata Makmun. (Ant)


Pewarta: Heriyanto

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2016