Muarasabak (ANTARA Jambi) - Dinas Kesehatan Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim) mengimbau masyarakat yang memiliki anak usia dari  0 sampai 59 bulan agar diberikan vaksin polio di Pos Pekan Imunisasi Nasional (PIN) 8 hingga 15 Maret 2016.

"Program PIN ini untuk mewujudkan Indonesia bebas polio," kata  Kepala Dinkes Tanjabtim  dr. Samsiran Halim di Muarasabak, Rabu.

Dijelaskannya, PIN akan digelar selama delapan hari. Pihaknya berharap seluruh masyarakat  membawa anaknya ke pos PIN yang tersedia di  wilayah masing-masing. ‘’Anak berusia 0 hingga 59 bulan itu wajib mendapatkan vaksin polio,’’ terangnya.

Dikatakannya, anak-anak tersebut diwajibkan mendapatkan vaksin polio, agar mereka dapat terbebas dari virus polio. Pasalnya, bila virus polio itu telah menyerang, anak-anak tersebut akan mengalami kecacatan pada kakinya. 

Bagi anak yang telah terdata, namun tidak mengunjungi pos PIN yang telah disediakan, pihaknya akan lakukan sweeping. ‘’Intinya, seluruh anak berusia 0 hingga 59 bulan itu wajib mendapatkan vaksin polio tersebut,’’ ujarnya.

Kabid Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) pada Dinkes Tanjabtim, Jaifatul Anwar menuturkan, guna menyukseskan program nasional itu, saat ini pihaknya sedang dalam tahap sosialisasi, perekrutan anggota kader, bahkan pendataan.

"Dengan pelatihan yang diberikan, kader inilah yang nantinya mengarahkan masyarakat untuk dapat datang ke pos PIN yang telah disediakan.,’’ tandasnya

Pewarta: Novendra

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2016