Jambi (Antara Jambi)-  Ratusan rider dari berbagai daerah di Provinsi Jambi mengikuti Trail Adventurre  Jelajah Bumi Tanah Pilih dalam rangka untuk memeriahkan rangkaian hari jadi Kota Jambi yang ke-615, Sabtu.     

Dalam touring trail adventure jelajah bumi tanah pilih yang dilaksanakan oleh Kodim 0415/BTH bersama Pemkot Jambi itu, para rider melewati enam titik ekstrim dan berpasir dan berlumpur dengan jarak tempuhnya sekitar 67 kilometer atau enam jam perjalanan.     

Pihak panitia menyebutkan sekitar 700-an rider dari berbagai club sepeda motor trail yang berasal dari Jambi dan provinsi tetangga seperti Riau, Sumbar, Sumsel, ikut dalam ajang trail adventure ini.     

Para rider motor trail itu touring menggunakan sepeda motor trail melewati sejumlah rute menantang di lintasan berlumpur dan berpasir yang telah ditentukan pihak penyelenggara.     

Pihak panitia menyatakan rute trail adventure tersebut tebagi menjadi dua yaitu rute pertama  47 kilometer untuk peserta dan rute kedua sepanjang 20 kilometer atau rute VIP untuk jalur unsur Muspida seperti Dandim, Danrem.  

Rute yang kedua dengan jarak tempuh sekitar 20 kilometer itu merupakan rute regional atau rute yang tidak ekstrem dengan jarak tempuh sekitar satu jam, kata Ketua penyelenggara trail adventure, Jone.     

Para rider memulai start di Tugu Jam komplek Balikota,Kota Baru, yang kemudian finish di Makodim 0415 Batanghari. Pihak panitia juga telah menyiapkan Doorprize sebanyak lima unit sepeda motor bagi pemenang trail adventure ini.     

Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) Provinsi Jambi Syafruddin mengatakan, ada enam rute ekstreem yang dilalui para rider diantaranya di kawasan Hutan Kota, Kawasan PTPN VI, kawasan Bagan Pete dan  rute kawasan lainnya.   

 "Pihak panitia juga mengerahkan petugas di jalur yang dilalui rider guna membantu rider yang kesulitan atau perlu mendapat bantuan," kata Syafruddin.     

Wali Kota Jambi Syarif Fasha sebelum membuka start ajang trail adventure ini mengatakan kegiatan trail adventure tersebut atas inisiasi Kodim 0415/BTH dengan bekerjasama pihak Pemkot dan pihak terkait lainnya.   

 "Persiapannya hanya satu bulan, tapi lihat sendiri pesertanya dan persiapan lainnya begitu antusias," kata Fasha.   

Dia menyambut baik dengan terselanggara ajang trail adventure, karena selain sebagai ajang mempererat silaturahmi ajang seperti ini untuk menyalurkan hobby bagi pencinta motor trail.     

"Medan yang dilalui ini melewati beberapa titik ekstrim dan kita berharap kepada para rider agar tetap menjaga keselamatan dan ketertiban, kata Walikota menambahkan.

Pewarta: Gresi Plasmanto

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2016