Jambi (ANTARA Jambi) - Wakil Bupati Kerinci, Provinsi Jambi, Zainal Abidin menyebutkan warga Kerinci yang membuat paspor itu rata-rata tercatat sebanyak 6.000 orang per tahun.

"Masyarakat Kerinci rata-rata mengurus paspor baik di Imigrasi Jambi maupun Imigrasi lainnya melalui pelayanan data online itu mencapai 6.000 setiap tahunnya, itu tidak termasuk jamaah haji," katanya di Kerinci, Selasa.

Dia mengatakan, masyarakat Kabupaten Kerinci banyak yang bekerja di luar negeri utamanya Malaysia.

"Untuk pengurusan paspor haji tentu saja memerlukan pelayanan yang dekat. Sebab itu rencana pembukaan kantor imigrasi di Kerinci sangat bermanfaat sekali," katanya menjelaskan.

Kantor imigrasi cabang Jambi di Kerinci itu katanya akan diresmikan dalam waktu dekat. Dengan dioperasikannya kantor tersebut relatif memudahkan warga Kerinci dan daerah tetangga untuk mendapatkan pelayanan pembuatan paspor.

"Kantor imigrasi Kerinci tinggal menunggu peresmian. SK KemenkumHam, SK Kemenpan dan penetapan Kepala Imigrasi Kerinci serta kode Satker dari Menteri Keuangan untuk anggaran sudah keluar," katanya.

Pemkab kata Zainal berharap dalam waktu dekat sudah dilakukan peresmian dan pelantikan pejabat-pejabat imigrasi tersebut. Sebab warga sudah menunggu adanya pelayanan terdekat itu.

"Kita targetkan akhir bulan ini Kepala Kantor Imigrasi Kerinci sudah meninjau kantor, setelah itu segera dilakukan peresmian dan langsung operasional," katanya menambahkan. (Ant)

Pewarta: Dodi Saputra

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2016