Jakarta (ANTARA Jambi) - Irlandia berhasil mengamankan posisi tiga Grup E Euro 2016 setelah mengalahkan tim unggulan Italia dengan skor 1-0 pada pertandingan ketiga grup E di Stadion Pierre Mauroy, Lille, Prancis, Kamis dini hari WIB.

Kendati kalah, Italia tetap keluar sebagai juara grup E untuk berhadapan dengan Spanyol pada babak 16 besar. Belgia menjadi runner-up dengan perolehan enam poin, sementara Irlandia di posisi tiga dengan empat angka.

Gol kemenangan Irlandia diciptakan lewat tandukan cantik Robert Brady yang meneruskan umpan panjang Wesley Hoolahan pada menit 85.

Statistik UEFA mencatat Italia memiliki 52 persen penguasaan bola berbanding 48 persen. Namun pasukan Antonio Conte cuma melepaskan satu sepakan on target, sementara Irlandia memiliki empat peluang on target.

Pada babak pertama Irlandia bermain lebih terbuka sehingga menghasilkan beberapa peluang ke gawang Italia yang condong bermain bertahan.

Irlandia mengemas kesempatan pertama saat Hendrick melepaskan tendangan yang meneruskan umpan Murphy pada menit 11. Sepakan keras Hendrick melenceng tipis ke sisi gawang Sirigu.

Irlandia nyaris kecolongan saat Italia melancarkan serangan balik yang diakhiri lewat tendangan keras Ciro Immobile pada menit 43. Skor 0-0 bertahan hingga interval babak pertama.

Pada babak kedua Italia mencoba mengabil alih permainan lewat serangan dari sisi sayap yang dilakukan De Sciglio. Pemain itu kemudian melepaskan umpan kepada Zaza, sayang tidak berbuah gol.

Irlandia kemudian memasukan McGeady menggantikan Murphys. McGeady kemudian menujukkan aksinya dengan melewati Sturaro untuk melepaskan tendangan keras, sayang upaya itu tidak menghasilkan angka pada menit 74.

Hoolahan hampir membawa Irlandia unggul lewat aksinya dimulut gawang Italia, bola yang nyaris masuk ke gawang dibuang bek Italia untuk melancarkan serangan balik pada menit 84.

Satu menit kemudian, Italia kehilangan bola akibat direbut lini tengah Irlandia. Wesley Hoolahan kemudian melepaskan umpan panjang dari sisi kanan sektor tengah yang langsung ditanduk Robert Brady menjadi gol 1-0 pada menit 85. Skor 1-0 bertahan hingga laga selesai.

Susunan pemain kedua tim:

Italia (3-5-2): Sirigu (G),  Ogbonna,  Bonucci (C),  Barzagli, De Sciglio (El Shaarawy), Florenzi, Thiago Motta, Sturaro, Bernardeschi ( Darmian), Zaza, Immobile (Insigne)
    
Irlandia (4-4-2) : Randolph, Coleman, Keogh, McCarthy ( Wesley Hoolahan), Long, McClean, Duffy, Hendrick, Ward, Brady, Murphy (Aiden McGeady).


Pewarta: Alviansyah Pasaribu

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2016