Kerinci, Jambi, 20/8 (Antara)- Gubernur Jambi Zumi Zola Zulkifli menginginkan harus ada sesuatu yang baru pada setiap rangkaian penyelenggaraan Festival Masyarakat Peduli Danau Kerinci (FMPDK) supaya dapat menarik minat wisatawan.

"Ini pertama kalinya saya membuka festival danau kerinci, dan saya tekankan festival ini harus ada yang baru, dan kami Pemprov siap membantu," kata Zola usai mengikuti rangkaian pembukaan festival di Kerinci, Sabtu.

Pada pelaksanaan festival danau kerinci yang sudah dilaksanakan pada tahun ke-15 ini, Zola menegaskan,   pihak penyelenggara dalam membuat rangkaian kegiatan agar tidak monoton.

Pada pelaksanaan festival tersebut ke depan pihaknya akan membuat sebuah konsep kegiatan agar wisatawan asing dan domestik semakin tertarik mengunjungi Danau Kerinci pada festival tersebut.

"Nanti akan kita kaji bersama-sama, apa yang bisa kita tambahkan akan kita tambah, tapi tanpa harus mengurangi adat budaya dan kearifan lokalnya yang selama ini ditonjolkan," kata Zola.

Festival masyarakat peduli danau kerinci yang dipusatkan di tepian Danau Kerinci itu cukup membuat antusias masyarakat menyaksikan berbagai kesenian dan budaya lokal.

Dirinya berharap agenda tahunan yang didukung oleh Kementerian Pariwisata itu dapat meningkatkan perekonomian masyarakat dan mengenalkan potensi wisata kerinci.

"Kerinci sudah ditetapkan sebagai brandingya pariwisata Provinsi Jambi, tentu mulai dari Kerinci ini nanti juga bisa mengangkat potensi wisata lainnya seperti Geopark Merangin, dan lainnya," kata Zola.

Sementara itu Bupati Kerinci Adirozal mengakui, bahwa pelaksanaan festival masyarakat peduli danau kerinci tahun ini kurang meriah karena sejumlah faktor.

"Kita sudah didukug oleh Pemprov dan juga Kemenpar, namun ke depan kita juga berharap ada dukungan yang lebih, karena memang SDM kita yang masih kurang memadai," kata Bupati.

Pemkab Kerinci, kata Adirozal akan terus bersinergi dengan pihak Pemprov dalam membuat konsep yang memiliki inkvasi yang baru pada rangkaian tersebut.

"Setiap tahun akan kita tonjolkan yang beda dari tahun sebelumnya, tapi tetap fokus pada nilai budaya masyarakat di kawasan danau ini," katanya menambahkan.

Pewarta: Gresi Plasmanto

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2016