Muarasabak (ANTARA Jambi) - Pemkab Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim) meraih tiga penghargaan bidang lingkungan yang diserahkan langsung oleh Wakil Gubernur Provinsi Jambi Fachrori Umar.

Penghargaan tersebut diserahkan Wagub Fachrori Umar dan diterima Wakil bupati Tanjabtim H Robby Nahliansyah pada Peringatan Hari Lingkungan Hidup Nasional tingkat Provinsi Jambi dilapangan Kantor Bupati Muarojambi, Senggeti, Kamis.
 
Wabup H Robby Nahliyansyah,  menjelaskan penghargaan yang diberikan adalah peringkat pertama Penyususn SLHD terbaik tingkat Provinsi Jambi. Peringkat III Sekolah Adiwiyata tingkat SLTP dan Nominator Nirwasita Tantra tingkat Nasional. 

"Harapan kami untuk Adiwiyata bukan hanya satu SMP saja yang memperoleh penghargaan, tapi SMP lain juga harus mendapat pengahargaan seperti itu. Hal ini sudah kami arahkan ke Diknas,’’ kata Wabup. 

Sementara untuk Nirwasita, walaupun menjadi nominator  namun dia meminta kepada seluruh SKPD  agar terus menggenjot raihan prestasi. Dan di RPJMD nirwasita ini telah menjadi perhatian serius Pemkab.

"Sedangkan penghargaan Adiwiyata, kami minta seluruh SMP dan SMA untuk berlomba-lomba mengejar syarat Adiwiyata. Kami ucapkan terima kasih kepada pak Gubernur, BLHD Provinsi Jambi dan Kakan BLHD Tanjabtim, yang telah memberikan hasil terbaik bagi Tanjabtim," kata dia.

Sementara itu,  Kepala Kantor Pengendalian Dampak Lingkungan (KPDL)  Tanjabtim, Gustin Wahyudi mengungkapkan, SLHD merupkan penyusunan dokumen lingkungan dan setiap tahunnya diperlombakan mulai tingkat Provinsi hingga tingkat Nasional. 

"SLHD yang kami susun butuh bantuan dari rekan-rekan SKPD yang lain, untuk mempertahankan raihan yang didapat. Kami juga minta bantuan dari SKPD agar memberikan data ke kami yang update," kata  Gustin.

Untuk Adiwiyata merupakan sekolah berbasis lingkungan, berharap kedepan dapat lebih difokuskan. Kendala yang dialaminya adalah masalah pendanaan, namun dia tetap berupaya untuk memaksimalkan sekolah berbasis lingkungan di Tanjabtim.


Pewarta: Novendra

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2016