Muarasabak (ANTARA Jambi) - Pemkab Tanjung Jabung Timur berencana membangun dua pasar kalangan di dua kecamatan, yakni di Dendang dan Berbak dengan anggaran yang diajukan senilai Rp2 miliar. 

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Tanjabtim, M Taher di Muarasabak, Rabu, menjelaskan  Kecamatan Dendang dan Berbak dinilai belum memiliki  pasar yang layak. 

Dua lokasi yang akan dibangun pasar yaitu di Kecamatan Dendang dan Desa Rantau Makmur Kecamatan Berbak. "Kalau di Kecamatan Dendang rehab pasar lama, sedangkan di Berbak adalah pembangunan pasar baru," katanya menambahkan. 

Untuk pembangunan pasar baru di Kecamatan Berbak, pihaknya telah menyiapkan lahan seluas dua  hektare yang merupakan lahan milik pemda.

"Harapan kita agar dana yang kita ajukan itu bisa disetujui pemerintah pusat untuk pembangunan kedua pasar tersebut," kata dia menjelaskan. 

M Taher menjelaskan  untuk pembangunan pasar baru di Kecamatan Berbak membutuhkan biaya besar sebab letaknya diareal  rawa-rawa. Pondasi harus bertiang, agar lantai pasar tidak amblas, selain penimbunan  agar pondasi kuat. 

Bila memang disetujui pusat, maka pasar akan dibangun pada tahun 2017  dengan menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK).

Pewarta: Novendra

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2016