Jambi (ANTARA Jambi) - Festival Muharram dalam rangka menyambut tahun baru Islam 1438 H di Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Provinsi Jambi, Sabtu (1/10) malam berlangsung meriah.

Dalam karnaval terlihat ratusan peserta ikut berpartisipasi. Ada yang berpakaian muslim, baju adat, seragam pramuka, seragam perguruan silat, kelompok karang taruna, pelajar sekolah dan organisasi masyarakat lainnya.

Mereka berbaris memenuhi jalan protokol komplek Perkantoran Pemkab Tanjung Jabung Timur, ratusan obor terlihat menyala mengiringi perjalanan mereka menuju garis finish di halaman kantor Bupati.

Selain obor, sekitar 33 mobil hias ikut memeriahkan festival 1 Muharram yang di gelar Pemkab Tanjung Jabung Timur itu, suara dentuman drum band dan group kompangan yang membawakan lagu-lagu islami ikut menambah semaraknya menyambut tahun baru Islam.

Warga tampak antusias menyaksikan festival ini, terlebih pada puncak peringatan juga di gelar pesta kembang api.

"Berbeda dengan tahun sebelumnya, tahun ini peringatan 1 Muharam kita laksanakan semeriah mungkin. Apalagi tahun ini, selain tropi kita menyediakan hadiah uang tunai sebesar Rp33 Juta untuk peserta pawai obor dan mobil hias," kata Bupati Tanjung jabung Timur, Romi Haryanto, Sabtu.

Menurut Romi, semarak festival ini merupakan wujud syukur kita kepada Allah, maha pencipta yang telah melimpahkan nikmat dan kesehatan kepada semua masyarakat Tanjung Jabung Timur.

"Kita berdoa dan berharap ke depannya Tanjab Timur dapat lebih sejahtera lagi, masyarakatnya lebih makmur. Serta bisa merayakan dan mengadakan festival tahun baru Islam dengan lebih meriah lagi," katanya.

Dewan juri dari Provinsi Jambi Didin Sirojudin mengatakan biasanya peringatan 1 Muharram hanya diperingati dengan pawai obor, dan baru kali ini peringatan Muharram di gelar dalam bentuk festival mobil hias, pawai obor dan kembang api dan disiapkan hadiah bagi yang berpartisipasi.

"Saya sarankan Pemkab Tanjung Jabung Timur menjadikan kegiatan ini ikon kabupaten, dan ini dapat menjadi contoh bagi darah lainnya," kata Didin.

Sementara untuk pemenang lomba, khusus mobil hias tingkat SPKD, Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPKAD) Tanjab Timur meraih juara pertama, Sekretariat DPRD juara kedua dan Kesbangpol Linmas juara ketiga.

Sedangkan Untuk lomba mobil hias tingkat kecamatan juara pertama diraih Kecamatan Muarasabak Timur, juara kedua Kecamatan Sadu dan Kecamatan Mendahara juara ketiga.

Selain mendapat tropi, masing-masing juara mendapat uang pembinaan. Juara pertama Rp13 juta, juara dua Rp8 juta dan juara ketiga Rp6 juta.

Sementara untuk pawai obor, utusan SMA Negeri 8 Tanjung Jabung Timur meraih juara pertama dan menerima uang pembinaan sebesar Rp3 juta.

Utusan Tapak Suci Putra Muhamadiyah mendapat juara kedua dengan uang pembinaan Rp2 juta dan utusan dari SMP Negeri 21 Tanjung Jabung Timur meraih juara ketiga dengan menerima uang pembinaan Rp1 juta.(Ant)

Pewarta: Novendra

Editor : Dodi Saputra


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2016