Muarasabak (ANTARA Jambi) - Sebanyak 10 unit kapal bantuan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) yang akan diserahkan kepada kelompok nelayan di Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim) itu hingga kini belum tiba.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Tanjabtim, Ahmad Riadi Pane di Muarasabak, Jumat, menjelaskan pihak Kementerian Kelautan dan Perikanan akan meluncurkan sebanyak 18 unit kapal untuk Provinsi Jambi, dan 10 unit ke Tanjabtim.

"Berkemungkinan bantuan itu baru dapat kita terima sekitar bulan Oktober atau November 2016," katanya menjelaskan.
 
Kapal-kapal itu rencanakan akan dikelola oleh koperasi nelayan, diantaranya koperasi nelayan Berkah Bahari di Kecamatan Nipah Panjang dan Koperasi Nelayan Pesisir Ujung Timur di Kecamatan Kuala Jambi.

"Dua koperasi ini telah dilakukan verifikasi, termasuk langsung dari KP,  dan kedua koperasi itu dinyatakan layak untuk mengelola bantuan kapal tersebut," tuturnya.

Menurutnya, alokasi bantuan kapal per koperasi ini akan diverivikasi terlebih dahulu terkait dengan berapa banyak nelayan yang tergabung dalam koperasi-koperasi tersebut. 

Program pemberian kapal itu, bentuk komitmen dari pemerintah pusat dan pemerintah daerah guna mensejahterakan maupun mempermudah para nelayan untuk mencari nafkah. 

"Semoga bantuan ini dapat dikelola dengan sebaik-baiknya," kata dia menjelaskan. 

Pewarta: Novendra

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2016