Muarasabak (ANTARA Jambi) - Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Tanjung Jabung Timur, Provinsi Jambi akan memasang kabel tegangan rendah (TR) di lima lokasi sebagai upaya memperluas jaringan listrik di daerah itu.

Kadis ESDM kabupaten setempat Yan Rizal mengatakan, lima titik lokasi jaringan TR itu berada di Ujung Jabung, Parit Ibas, Pangkal Duri, KTM dan SK 22 Rantau Rasau.

"Di lima titik lokasi itu jaringan sudah terpasang, kita hanya melanjutkan jaringan TR. Kemudian pihak PLN yang memiliki kewenangan," katanya.

Dengan bertambahnya lima titik ini berarti desa yang belum teraliri listrik menjadi berkurang. Sedangkan desa yang belum dialiri listrik, Pemkab akan secepatnya mengupayakan.

"Memang sembilan desa belum ada jaringan, tapi kita terus berupaya mencari solusi. Salah satunya Pemkab melalui ESDM tidak berpangku tangan dengan mengandalkan dana APBD saja, tetapi berusaha mendapatkan dana APBN, CSR dan APLN," katanya menjelaskan.

Yan Rizal juga minta pihak provinsi untuk menyikapi sembilan desa yang belum dialiri listrik itu. Bahkan untuk mempermudah ESDM telah menyerahkan kepada pihak PLN terkait denah dan juga titik koordinat desa yang belum teraliri listrik.

"Komitmen dengan pihak PLN sudah kita lakukan. Salah satunya PLN minta titik koordinat dan denah lokasi sudah kita berikan. Jadi jangan khawatir bagi desa yang belum teraliri listrik," katanya menambahkan.


Pewarta: Novendra

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2016