Jambi (ANTARA Jambi) - Bupati Batanghari Syahirsah SY mengatakan, Festival Tapa Malenggang adalah momentum memperkuat adat dan budaya Kabupaten Batanghari.

"Mari kita jadikan dalam pesta Tapa Malenggang ini sebagai salah satu momentum menjaga estensi dan kecintaan kita, khususnya generasi muda untuk turut serta menjaga adat dan budaya Batanghari," katanya saat membuka festival tersebut di Muarabulian, Selasa.

Di samping itu, festival ini juga sebagai sejarah perjuangan masyarakat bumi Serentak Bak Regam yang penuh semangat dan tanpa menyerah serta berpegang teguh kepada adat dan budaya.

Sebab itu ivent ini diharapkan bisa diwujudkan dengan nilai-nilai kearifan lokal, keagamaan, kebudayaan dan adat kesenian daerah dalam menunjang kebudayaan nasional.

Pemkab Batanghari kata bupati berkomitmen dalam melestarikan adat/budaya sesuai dengan visi-misi dalam RPJMD tahun 2016-2021. Sebab Batanghari memiliki keberagaman budaya dengan macam filosofis.

Festival Tapa Malenggang dalam memeriahkan HUT ke-68 Kabupaten Batanghari ini dibuka bersamaan dengan Batanghari Expo yang merupakan agenda tahunan Pemkab. Dimana mulai digelar 29 Oktober-3 Desember mendatang.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Olah Raga (Dispora) Batanghari Iskandar, selaku Ketua Pelaksana Kegiatan Festival Tapa Malenggang tersebut, mengatakan bahwa ivent ini dapat meningkatkan potensi wisata dan budaya adat di Kabupaten Batanghari.

Kegiatan Festival Tapa Malenggang ini katanya merupakan tahun kedua dilaksanakan dan terus berlanjut demi menjaga kelestarian budaya kabupaten.(Ant)

Pewarta: Heriyanto

Editor : Dodi Saputra


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2016