Jambi  (ANTARA Jambi) - Badan Meteorologi Kriminatologi dan Geofisika (BMKG) Jambi, mengimbau masyarakat di daerah itu agar mewaspadai potensi angin puting beliung dari angin kencang dan bencana banjir serta tanah longsor.

"Waspadai angin kencang berpotensi puting beliung dan hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir pada siang dan sore hari di sebagian besar wilayah Provinsi Jambi," kata staf Koordinator Unit Analisa Kantor BMKG Jambi, Bahar di Jambi, Minggu.

Menurutnya, cuaca buruk yang terjadi di Provinsi Jambi sejak beberapa pekan terakhir akan berlangsung hingga akhir tahun 2016.

"Untuk beberapa pekan ke depan Jambi akan tetap terjadi hujan, begitu juga dengan tiupan angin. Untuk itu kita harapkan masyarakat lebih waspada, karena cuaca sekarang berpotensi menimbulkan angin puting beliung, banjir serta longsor," katanya menjelaskan.

Khusus di Kota Jambi, katanya, dari catatan BMKG selama hampir satu bulan terakhir ini kota ini terus diguyur hujan. Ini tentunya bisa mengakibatkan banjir bagi daerah yang berada di dataran rendah dan longsor di daerah dataran tinggi.

Selain itu, Bahar mengatakan cuaca ekstrim juga akan berlangsung hingga akhir Desember 2016. Bahkan cuaca ekstrim ini juga diprediksikan akan menimbulkan angin puting beliung, banjir dan tanah longsor.

"Waspadai juga kondisi cuaca yang dapat berubah sewaktu-waktu terutama dalam skala lokal," katanya menambahkan.


Pewarta: Dodi Saputra

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2016