Jambi (ANTARA Jambi) - Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Jambi mendapatkan bantuan satu unit mobil yang sudah lengkap dengan peralatannya untuk kegiatan sosialisasi Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) di Jambi.

Kepala BNNP Jambi, Ghiri Prawijaya, saat dihubungi Selasa, mengatakan satu unit mobil penyuluhan dan sosialisasi P4GN tersebut merupakan bantuan dari pihak BNN Pusat yang baru tiba di Jambi dan segera dipergunakan.

Untuk saat ini teknisi atau operatornya sedang dalam tahap pelatihan untuk bisa mempergunakan peralatan di kendaraan tersebut sehingga dapat digunakan segera dan saat ini kendaraan tersebut dalam tahap perawatan.

Nantinya, kata Ghiri, kendaraan tersebut akan digunakan untuk melakukan penyuluhan dan sosialisasi P4GN diberbagai daerah atau pelosok desa hingga ke sekolah-sekolah yang dianggap perlu untuk sosialisasi atas bahayanya narkoba bagi masyarakat.

Kendaraan itu juga dilengkapi dengan peralatan yang canggih untuk bisa digunakan sebagai kegiatan sosialisasi maupun penyuluhan seperti memiliki layar televisi yang cukup besar yang dapat ditonton selama kegiatan dilakukan.

Selain itu, perlengkapan kendaraan tersebut juga dilengkapi dengan film-film yang bertujuan untuk melakukan sosialisasi pencegahan, pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika.

Ghiri Prawijaya mengatakan, untuk di Jambi selama tahun ini pihaknya sudah berhasil mengungkap sebanyak 25 jaringan narkotika atau narkoba dengan jumlah tersangka mencapai puluhan orang.

Kemudian lagi, BNNP Jambi juga telah melakukan tindakan rehabilitasi terhadap 570 orang korban narkoba yang menjalani rehab jalan serta ada juga sebanyak 720 orang yang menjalani rehab rawat inap.

"Dengan adanya kendaraan tersebut, kedepannya korban narkoba dalam terus diminimalisir jumlahnya, sehingga Jambi dapat terus berkurang jumlah korban pengguna atau pelaku tindak kejahatan narkotika atau narkoba," kata Ghiri Prawijaya.


Pewarta: Nanang Mairiadi

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2016