Jambi (ANTARA Jambi) - Wakil Gubernur Jambi Fachrori Umar mengatakan bahwa sektor kelautan dan perikanan di wilayahnya dapat menjadi pengerak ekonomi kerakyatan dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

"Sektor ini juga merupakan sektor yang dapat menjadi penggerak ekonomi kerakyatan, selain dapat menyerap tenaga kerja dalam jumlah banyak juga dapat memberikan hasil usaha yang lebih cepat," kata Fachrori di Jambi, Jumat.

Saat sosialisasi dan evaluasi hasil pembangunan kelautan dan perikanan di Jambi tahun 2016, Fachrori mengatakan usaha yang berbasis perikanan hasilnya dapat dipanen dalam waktu sekitar 4-5 bulan.

Ia menambahkan usaha perikanan tangkap dapat memberikan hasil usaha setiap hari yakni nelayan berangkat melaut pagi dan pada sore hari hasil tangkapan ikannya sudah bisa dinikmati.

Di samping itu, katanya, sektor kelautan dan perikanan telah berperan dalam penyediaan pangan bergizi untuk masyarakat dengan harga terjangkau sehingga mendorong perbaikan kualitas sumber daya manusia di daerah.

"Semua upaya tersebut muaranya adalah dalam rangka mewujudkan masyarakat yang sejahtera," katanya menjelaskan.

Program dan kegiatan yang langsung bersentuhan dengan masyarakat dalam upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat akan terus didukung oleh Pemprov Jambi melalui Dinas Kelautan dan Perikanan.

"Selain melalui dana APBD Provinsi, saya berharap Dana Alokasi Khusus (DAK), Tugas Pembantuan (TP), maupun Dana Dekonsentrasi yang ada di DKP dapat dikelola dengan baik, agar program dan kegiatan sektor kelautan dan perikanan dapat berjalan dengan baik sehingga apa yang inginkan tercapai dan tepat sasaran," ujarnya.

Sementara itu, Kepala DKP Provinsi Jambi Saipudin mengatakan untuk memanfaatkan potensi sumber daya kelautan dan perikanan yang ada, maka diperlukan program dan kegiatan yang terencana, bersinergi dan tepat sasaran sehingga apa yang akan dicapai dapat terwujud secara efektif dan efisien.

"Kinerja yang baik dan optimal dari sebuah organisasi akan dicapai oleh SKPD apabila seluruh pegawai turut serta dalam melaksanakan program dan kegiatan dengan penuh rasa tanggung jawab," katanya.


Pewarta: Dodi Saputra

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2016