Jambi (ANTARA Jambi) - Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jambi menyiapkan uang kartal senilai Rp3 triliun untuk mengantisipasi lonjakan permintaan uang selama libur Natal dan Tahun Baru 2017.

"BI Jambi sudah menyiapkan uang kas senilai Rp3 triliun, sama seperti tahun lalu diperkirakan kebutuhan akan uang bagi masyarakat akan meningkat," kata Kepala Perwakilan BI Jambi V Carlusa di Jambi, Sabtu.

Jumlah tersebut kata Carlusa, cukup untuk memenuhi permintaan masyarakat akan uang pada saat libur hari besar seperti sekarang.

Proyeksi persediaan uang pada saat libur natal tahun ini katanya berdasarkan pada aktivitas ekonomi di Jambi yang diperkirakan semakin bertumbuh.

Ia mengatakan jumlah uang yang disediakan tersebut belum termasuk dengan jumlah yang ada di masing-masing Perbankan. Seperti di kas Muarobungo tercatat masih terdapat stok kas senilai Rp250 miliar.

Sedangkan untuk di Kota Sungaipenuh yang merupakan daerah di wilayah barat Provinsi Jambi itu kata Carlusa di-cover oleh BI Padang.

"Sehingga tidak takut kekurangan, apalagi ini baru masuk uang NKRI yang baru sebesar Rp63,5 miliar sehingga menambah stok. Begitu juga untuk kebutuhan pecahan uang kecil BI siap memenuhi,"katanya.


Pewarta: Gresi Plasmanto

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2016