jambi, Antarajambi.com - Dua atlet putra polo air binaan Pengrov Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) Jambi berhasil masuk ke tim pemusatan latihan nasional (pelatnas) menghadapi SEA Games 2017 di Malaysia.

Ketua Bidang Pembinaan dan Prestasi Pengprov PRSI Jambi Olsen Tiger di Jambi Minggu, mengatakan kedua atlet Jambi tersebut masuk tim pelatnas setelah lolos seleksi nasional yang digelar empat hari di Jakarta pada 11-14 Januari 2017.

Kedua atlet Jambi yang berhasil lolos dari seleknas cabang polo air putra untuk masuk ke Pelatnas SEA Games adalah Yusuf Budiman dan Rian Rinaldo.

Pengurus Besar Persatuan Renang Seluruh Indonesia atau PB PRSI telah mengumumkan 18 atlet polo air Indonesia yang berhak masuk pelatnas persiapan SEA Games 2017 dan mereka semua yang lolos setelah menjalani seleksi nasional selama empat hari di Kolam Renang Simprug Pertamina Jakarta.

Seleksi nasional itu dipimpin langsung oleh pelatih asal Serbia Milos Sakovic yang mengumumkan langsung nama 18 atlet yang lolos pelatnas.

Seleknas tersebut diikuti sebanyak 40 atlet dari beberapa Pengprov PRSI di Indonsia yang dipilih PB dan selama empat hari mereka para atlet itu diseleksi di Kolam Pertamina Simprug Jakarta.

Ke-18 atlet terpilih akan mengikuti pelatnas jangka panjang mulai awal Februari 2017 di Kolam Renang Simprug Jakarta.

Dari 18 atlet yang bergabung di pelatnas masih akan diseleksi sampai 13 pemain inti yang akan dikirim ke SEA Games 2017, kata Olsen Tiger yang juga pengurus PB PRSI bidang perwasitan itu.

"Pemilihan kali ini sangat istimewa, karena seleksi benar-benar netral berdasarkan pilihan pelatih, tanpa intervensi dari pengurus. Bagi yang belum terpilih, tetap berlatih karena masih ada liga polo air selanjutnya dan masih ada promosi-degradasi di pelatnas," kata Olsen.

Rian Rinaldo atlet dari Jambi mengaku senang terpilih dalam tim inti. Menurutnya, pelatih asal Serbia menanamkan jiwa disiplin dalam latihan seperti tidak boleh mengobrol atau bercanda di kolam.

"Seleknas kali ini benar-benar ketat, saya sangat bangga terpilih dan akan bekerja keras merebut posisi tim inti," kata Rian Rinaldo.

Didatangkannya pelatih asing asal Serbia, merupakan salah satu usaha terbaik dari PB PRSI yang berambisi meraih medali emas pertama di ajang SEA Games 2017. Serbia sendiri merupakan juara dunia Polo Air dan medali emas Olimpiade Brazil.

Setelah seleknas polo air putra, pekan depan PB PRSI akan menggelar pelatnas polo air putri.


Pewarta: Nanang Mairiadi

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2017