Jambi, Antarajambi.com - Gubernur Jambi Zumi Zola yang juga Ketua Majelis Pembimbing Daerah (Kamabida) Pramuka Provinsi Jambi, mengatakan bahwa gerakan Pramuka sebagai wahana penting untuk membentuk watak dan karakter serta kepribadian generasi muda bangsa Indonesia.

"Gerakan Pramuka sebagai tempat menempa keterampilan dan pengetahuan serta memupuk jiwa disiplin dan membina semangat kebersamaan bagi seluruh anggotanya," kata Zola saat membuka Lomba Susur Halang Rintang Pramuka (LSHRP) ke 13 se-Provinsi Jambi, di Bumi Perkemahan Raudhah At Thaulabah IAIN Sulthan Thaha Jambi, Mendalo, Selasa (14/03)

Dikatakannya, jika melihat perkembangan zaman saat ini, peranan Pramuka menjadi semakin penting terutama mempersiapkan generasi muda Indonesia termasuk di Jambi, untuk menghadapi masa depan.

"Zaman terus berkembang dan teknologi semakin maju, namun jangan sampai generasi muda kehilangan jati dirinya, teruslah berkaya dijalan yang positif," ujarnya.

Gubernur mengapresiasi kegiatan Lomba Susur Halang Rintang Pramuka ini. Sebab Pramuka di seluruh Indonesia belum tentu ada setiap tahunnya mengadakan perlombaan ini.

"Kita sudah 13 tahun berturut-turut menyelenggarakan ini, saya ucapkan terima kasih kepada seluruh penyelenggara," kata Zola.

Sebagai Ketua Majelis Pembimbing Daerah Pramuka Provinsi Jambi, Zola menjelaskan bahwa kegiatan pramuka memiliki makna dan tujuan yang sangat penting, yaitu mewujudkan generasi muda yang tangguh dan mandiri.

"Pada hakekatnya Pramuka merupakan lembaga pendidikan di luar sekolah yang membantu pemerintah dan masyarakat dalam membina dan mendidik anak-anak dan pemuda Indonesia dalam melaksanakan pembangunan secara moral," jelasnya.
 
Selain itu, Pramuka katanya juga mengajarkan nilai-nilai mulia, tangung jawab, setia kawan, akhlak dan moral. Sebab itu Pemerintah Provinsi Jambi akan terus mendukung program-program Pramuka.

Sementara itu, Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Provinsi Jambi, H.Sutrisno menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan membentuk kepribadian generasi muda dan kecakapan keterampilan diri dalam menghadapi masa depan.(Ant)

Pewarta: Dodi Saputra

Editor : Dodi Saputra


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2017