Jambi, Antarajambi.com - Perayaan Waisak di Jambi pada 11 Mei 2017 akan digelar di Candi Muarojambi, Kabupaten Muarojambi.

Asisten III Administrasi Umum Sekertariat Daerah Provinsi Jambi, Saipudin di Jambi, Selasa, mengatakan, Gubernur Jambi Zumi Zola menginginkan adanya nuansa baru dalam perayaan Waisak di Provinsi Jambi tahun 2017.

"Gubernur minta semua komunitas Budha di Provinsi Jambi bisa berkumpul bersama di Candi Muarojambi untuk merayakan Waisak," katanya usai pertemuan bersama perwakilan Budha yang ada di Jambi di kantor gubernur setempat.

Pertemuan itu sesuai dengan instruksi gubernur Jambi melalui Sekretaris Daerah Provinsi Jambi untuk membahas pelaksanaan Hari Raya Waisak tahun 2017 se-Provinsi Jambi.

"Rencananya perayaan Waisak itu bertepatan dengan pagelaran Festival Candi Muarojambi. Artinya juga sebagai ajang promosi pariwisata situs bersejarah milik Jambi ini " kata Saipudin.

Dia juga mengungkapkan, sesuai hasil rapat yang telah dilaksanakan, semua peserta rapat telah sepakat untuk melaksanakan itu dan akan ditindaklanjuti dengan pembentukan panitia bersama.

Panitia bersama ini sudah mewakili semua vihara-vihara dan majelis-majelis untuk masyarakat Budha yang akan melaksanakan kegiatan tersebut.

"Kita sangat mengharapkan semua masyarakat Budha dan biksu yang ada di Provinsi Jambi dapat hadir pada acara tersebut. Perayaan Waisak se-Provinsi Jambi ini bersamaan dengan Waisak nasional yang terpusat di Candi Borobudur," katanya.

Untuk masyarakat Budha yang ada di provinsi tetangga, kata Saipuddin, dapat juga hadir di Candi Muarojambi. Pihaknya juga mendorong perwakilan Budha Jambi untuk mengundang semua masyarakat Budha yang ada di Sumatera.

"Gubernur Jambi ingin adanya warna baru pada peringatan Hari Raya Waisak ini dalam membangun Jambi untuk lebih baik lagi. Gubernur menekankan bahwa keberagaman itu adalah kekuatan sosial," katanya.


Pewarta: Dodi Saputra

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2017