Jambi, Antarajambi.com - Lomba Berbalas Pantun tingkat mahasiswa Provinsi Jambi menjadi mata lomba pembuka kategori sastra yang diselenggarakan oleh Kantor Bahasa Jambi sekaligus mendorong gairah aktivitas sastra generasi muda di daerah itu.

"Sambutan peserta cukup tinggi dan setidaknya membuktikan tingginya minat dan perhatian masyarakat, khususnya generasi muda terhadap sastra di Jambi. Panitia menargetkan lima puluh peserta, namun yang mendaftar ternyata melebihi target," kata Kepala Balai Bahasa Jambi Saiful Bahri Lubis di Jambi, Selasa.

Kegiatan Lomba Berbalas Pantun itu diperuntukkan  bagi seluruh mahasiswa yang berdomisili di Provinsi Jambi, baik dari perguruan tinggi negeri maupun swasta yang digelar 10-11April 2017. Sebelumnya Kantor Bahasa Jambi sukses menyelanggarakan kegiatan lomba untuk kategori bahasa. 

Peserta berasal dari sejumlah perguruan tinggi,seperti dari Universitas Jambi, UIN Sultan Thaha Saifudin Jambi, STAI Ma’arif, Universitas Batanghari dan perguruan tinggi lainnya.

Duet peserta dari Universitas Jambi (Unja) Bianti Putri Sekarini dan Wahyu Saputra dari fakultas kedokteran dan ilmu kesehatan tampil sebagai juara lomba itu. Pemenang kedua pasangan Dewi Yunita Anggraini dan Aicha Lagrima Wijaya dari FKIP Unja dan juara ketiga pasangan Winda Diana Putri dan Wahyu Nuril Utama dari FIB Sastra Indonesia Unja. 
 
Pemenang harapan satu pasangan Aries Maharani Harahap dan Aspihani Ahyat FEB Unja, dan pemenang harapan II pasangan Agung Tri Wijaya Sakti dan Ani Suryani dari FKIP Bahasa dan Sastra Indonesia Unja. 

Selain itu, juri memilih empat pemantun terbaik yang akan diseleksi lagi untuk mewakili Jambi di Pekan Sastra se-Sumatra di Provinsi Sumatera Barat yakni Wahyu Saputra, Dianti Putri Sekarani, Aicha Lagrima Wijaya dan Wahyu Nuril Utama.

"Kegiatan ini untuk meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap sastra dan menumbuhkan rasa cinta terhadap sastra itu sendiri," kata Saiful Bahri.

Sebelumnya kegiatan lomba kebahasaan juga digelar Kantor Bahasa Jambi seperti debat berbahasa Indonesia untuk tingkat pelajar, cerdas cermat, lomba pidato, lomba pewara atau protokoler serta lomba mengajar untuk guru SD.

Sedangkan beberapa kegiatan sastra yang akan digelaer adalah lomba baca puisi 12-13 April 2017, lomba dendang syair Melayu Jambi untuk umum 17-18 April 2017, lomba mendongeng untuk Guru TK/PAUD 19-20 April 2017,  lomba membaca Cerita Rakyat Tingkat SD/MI 26-27 April 2017 dan  Festival Musikalisasi Puisi Tingkat SLTA 25 April 2017.

Pewarta:

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2017