Jambi, Antarajambi,com - Pompa angguk  (sucker rod pump) yang ada di sejumlah titik di Kota Jambi sangat potensial untuk dikembangkan sebagai kawasan wisata edukasi bagi kalangan pelajar.

Kendati sebagian sudah tidak dioperasikan lagi, namun perangkat kilang minyak itu perlu diketahui oleh masyarakat, khususnya oleh generasi muda. Kehadiran kilang minyak di daerah juga harus menjadi sebuah kebanggan bagi generasi di daerah itu.

Apa itu pompa angguk ?

Perangkat itu merupakan pompa yang dirancang khusus untuk mengangkat fluida dari dalam tanah ke permukaan. Pompa itu dilengkapi dengan piston sebagai perangkat utamanya untuk menghisap fluida.

Pompa angguk menggunakan mekanisme putar motor untuk menggerakan poros pompa yang kemudian diteruskan ke gerakan translasi untuk menngerakkan poros pompa, kemudian menjadi gerak angguk.

Untuk sekali 'angguk' pompa itu bisa menghasilkan 5-40 liter fluida, tergantung kapasitasnya. Selain perangkat pompa angguk, biasanya dilengkapi dengan motor listrik, atau mesin motor bakar yang biasanya jenis diesel.

Pewarta:

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2017