Jambi, Antara Jambi -  Ikatan Senat Mahasiswa Kesehatan Masyarakat Indonesia (ISMKMI) dan Universitas Adiwangsa Jambi (Unaja) menggelar seminar nasional  upaya membentuk karakter mahasiswa yang kritis dan bertanggung jawab pada bidang kesehatan masyarakat.

Seminar nasional yang digelar Sabtu diikuti ratusan mahasiswa kesehatan masyarakat dari sejumlah perguruan tinggi di Provinsi 
Jambi yakni Universitas Adiwangsa Jambi (Unaja), STIKES Harapan Ibu Jambi, STIKES Merangin dan Universitas Jambi.

"Kegiatan ini juga dalam rangka pengenalan mahasiswa terhadap pentingnya kesehatan masyarakat dan menjalin hubungan persaudaraan khususnya mahasiswa kesehatan masyarakat yang ada di Jambi," kata Dekan Fakultas Kesehatan dan Farmasi Universitas Adiwangsa Jambi, Subang Aini Nasution.

Seminar yang bertema "Berwawasan Berkarakter" itu, mahasiswa juga didorong untuk lebih terlibat mendukung program pemerintah dalam peningkatan kesehatan masyakat melalui pendekatan keluarga.

Masyarakat dengan pola hidup sehat itu menurut dia  akan berdampak pada tingkat kesejahteraan sehingga masyarakat yang berobat di pelayanan kesehatan semakin sedikit.

"Bila yang berobat semakin sedikit, artinya masyarakat kita ini sudah sejahtera kesehatannya, sehingga masyarakat bila datang ke pelayanan kesehatan hanya pengecekan  saja atau tidak berobat karena sakit," katanya menjelaskan.

Selain itu, pihaknya juga mendorong mahasiswa untuk terlibat dalam mendidik masyarakat agar menerapkan pola hidup sehat dengan pendekatan keluarga melalui berbagai penyuluhan langsung di tengah lingkungan masyarakat.

"Kita libatkan masyarakat dengan melakukan pendekatan kepada keluarga, karena kita ketahui selama ini dominan fokus ke kuratif, artinya kesehatan masyarakat ini dapat melakukan pencegahan," ujar Subang Aini.

Sementara itu, seminar kesehatan masyarakat yang diinisasi Ikatan Senat Mahasiswa Kesehatan Masyarakat Indonesia (ISMKMI) itu juga digelar Pelatihan Dasar Kesehatan Masyarakat. Peserta yang mengikuti sebagian besar dari kalangan mahasiswa baru.

Pada seminar tersebut, menghadirkan pembicara dari Kementerian Kesehatan RI yang memberikan materi soal kesehatan dengan pendekatan keluarga dan peran tenaga kesehatan masyarakat untuk program Indonesia sehat. Selain itu juga materi keikutsertaan mahasiswa dan masyarakat terhadap pelayanan JKN-KIS.

Pewarta: Dodi Saputra

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2017